BNPB: Banjir dan longsor di Manado, 500 jiwa mengungsi, 5 orang tewas

Minggu, 17 Januari 2021 | 11:15 WIB Sumber: Kompas.com
BNPB: Banjir dan longsor di Manado, 500 jiwa mengungsi, 5 orang tewas

ILUSTRASI. Banjir dan tanah longsor terjadi di Kota Manado, Sulawesi Utara pada Sabtu (16/1) pukul 15.09 WITA.


SIAGA BENCANA - JAKARTA. Banjir dan tanah longsor terjadi di Kota Manado, Sulawesi Utara pada Sabtu (16/1) pukul 15.09 WITA. Bencana yang diakibatkan hujan dengan intensitas tinggi dan struktur tanah yang labil tersebut menyebabkan 500 jiwa harus mengungsi dan lima orang meninggal dunia.

"Peristiwa ini menyebabkan lima orang meninggal dunia, satu orang hilang masih dalam pencarian serta 500 jiwa mengungsi yang masih dalam proses pendataan," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati, dikutip dari siaran pers, Minggu (17/1).

Sejumlah kecamatan terdampak peristiwa ini. Antara lain Kecamatan Tikala, Kecamatan Paal Dua, Kecamatan Malalayang, Kecamatan Sario, Kecamatan Bunaken, Kecamatan Tuminting, Kecamatan Mapanget, Kecamatan Singkil, dan Kecamatan Wenang. Tinggi muka air yang menggenangi kawasan tersebut mencapai 50 hingga 300 cm.

Baca Juga: Baznas kirim tim medis ke lokasi gempa di Sulawesi Barat

Pusat Pengendali Operasi BNPB melaporkan, kerugian materil akibat bencana ini adalah dua unit rumah yang rusak berat dan 10 unit rumah rusak sedang. Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Utara dan Kota Manado melakukan kaji cepat dan evakuasi bersama SAR, TNI/Polri, masyarakat dan relawan.

BPBD Kota Manado juga memberikan bantuan makanan siap saji kepada para pengungsi. Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kota Manado berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir. "Oleh karena itu, BNPB mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan siaga di tengah musim hujan yang akan terjadi di sejumlah wilayah hingga Februari 2021," ucap Raditya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BNPB: Banjir dan Longsor di Manado, 500 Jiwa Mengungsi, 5 Orang Tewas.
Penulis: Deti Mega Purnamasari
Editor: Sandro Gatra

Baca Juga: BNPB kerahkan personil TRC untuk mendukung penanganan banjir di Kalimatan Selatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru