BUMN Memanggil Diaspora Indonesia, Ada Lebih dari 135 Lowongan di 12 BUMN

Jumat, 17 Mei 2024 | 04:04 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
BUMN Memanggil Diaspora Indonesia, Ada Lebih dari 135 Lowongan di 12 BUMN

ILUSTRASI. BUMN terus menciptakan lapangan pekerjaan melalui Rekrutmen pegawai BUMN khususnya bagi Diaspora Indonesia di seluruh dunia.


BUMN - JAKARTA. Sejalan dengan upaya untuk menjadikan BUMN Go Global, BUMN terus menciptakan lapangan pekerjaan melalui Rekrutmen pegawai BUMN khususnya bagi Diaspora Indonesia di seluruh dunia.

Mengutip siaran pers, program rekrutmen yang diberi nama Program Bakti Diaspora untuk Indonesia ini melengkapi rangkaian program rekrutmen BUMN yang sedang berjalan yakni Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2024.

Program ini dapat diikuti oleh seluruh warga negara Indonesia (WNI) baik yang saat ini menjadi profesional di luar negeri maupun yang pernah menempuh pendidikan formal (Sarjana, Master, atau Doktoral) di luar negeri.

Saat ini sebanyak 12 BUMN membuka lebih dari 135 lowongan. Beberapa di antaranya yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero)/InJourney, PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero)/IFG Tbk, dan PT Mineral Industri Indonesia (Persero)/MIND ID.

Job function yang dibutuhkan antara lain Investor Relations, IT Security, Nano Technology, Sustainability Specialist, Data Scientist, dan International Trading.

Pengumuman dan proses rekrutmen program ini dilakukan secara online dengan mengakses website magentaku.id/diaspora.

Baca Juga: Lowongan Kerja RS Pertamina Terbaru 2024 Buat Fresh Graduate, Ini Posisi yang Dibuka

Magenta (magentaku.id) merupakan platform rekrutmen kerja dan magang di bawah koordinasi Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

Tercatat saat ini sebanyak 500.000 peserta telah mendaftar di platform Magenta dan lebih dari 11.000 peserta sedang dan telah menyelesaikan magang di BUMN.

Untuk membuka kesempatan yang seluas-luasnya bagi para Diaspora, baik yang masih berada di luar negeri maupun yang sudah kembali ke Indonesia, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berkolaborasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) khususnya Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) New York dan Vancouver serta Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia.

“Program Bakti Diaspora untuk Indonesia ini diharapkan mampu menjadi wadah bagi BUMN untuk dapat menarik dan merekrut para Diaspora sesuai dengan kebutuhan dan kualifikasi perusahaan melalui proses seleksi yang telah kami siapkan,” ujar Tedi Bharata, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN.

Baca Juga: Lowongan Kerja Terbaru Astra Honda Motor 2024, Ada Lebih dari 20 Posisi Dibuka!

Rangkaian Program ini diawali dengan pelaksanaan Pre-Event: Virtual Enhancement Week berupa talk show terkait BUMN dan peluang berkarir di BUMN bagi para Diaspora.

Kegiatan ini dilakukan untuk dapat memberikan pemahaman lebih dalam mengenai lingkungan kerja di Grup BUMN.

Dalam rangkaian Program ini, dibuka juga kesempatan bagi para lulusan Program Doktoral dari luar negeri untuk dapat meningkatkan kapasitas riset di Grup BUMN melalui Program Research for Post-Doctoral Students.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru