Bus Transpatriot Bekasi genjot pendapatan dengan pemasangan iklan

Jumat, 04 Januari 2019 | 08:50 WIB Sumber: Kompas.com
Bus Transpatriot Bekasi genjot pendapatan dengan pemasangan iklan

ILUSTRASI. Bus Trans Patriot


BISNIS TRANSPORTASI - BEKASI. Kreativitas meningkatan pendapatan perusahaan pada era digital saat ini semakin berkembang. Salah satunya dilakukan Perusahaan Daerah Mitra Patriot (PDMP) Kota Bekasi. 

Juru bicara PDMP Iqbal Daut mengatakan, pihaknya akan memanfaatkan ruang kosong pada badan bus transpatriot untuk pemasangan iklan.Penyediaan pemasangan jasa iklan pada bus transpatriot diharapkan dapat menambah pendapatan operasional bus sehingga bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bekasi.

"Kalau ditambah dengan potensi iklan running teks yang berjalan itu diharapkan dapat menambah masukan pendapatan. Selain masukan dari pendapatan angkutan penumpang, juga kita upayakan pendapatan dari iklan itu," kata Iqbal saat dihubungi Kompas.com, Kamis (3/1/).

Iqbal menambahkan, saat ini pihaknya sedang membuat regulasi terkait pemanfaatan ruang kosong pada bus transpatriot untuk iklan. "Sedang kami kaji sekarang regulasinya, kita koordinasikan dengan Bapenda (Badan Pendapatan Daerah), bagaimana apakah langsung cukup kita kerjasamakan, regulasinya seperti apa, supaya space yang ada di bus sebagai ruang publik dapat kita jual," ujar Iqbal. 

PDMP selaku pengelola operasional transpatriot pun menargetkan melalui penjualan tiket bus, pendapatan operasional transpatriot bisa mencapai Rp 1 miliar dalam setahun.

Iqbal menjelaskan, dengan adanya pemanfaatan potensi iklan, pendapatan transpatriot total dalam setahun ditaksir bisa lebih dari Rp 2 miliar. "(Bisa) di atas Rp 2 miliar (pendapatan dalam setahun) dari sisi moda transpatriot," pungkas Iqbal.

Diketahui, mulai hari ini tarif transpatriot sebesar Rp 4.000 sudah diterapkan. Transpatriot melayani dua rute yakni, Terminal Bekasi-Harapan Indah dan Harapan Indah-Terminal Bekasi. Sebanyak sembilan bus beroperasi di dua rute tersebut. Adapun sejak resmi beroperasi pada 26 November 2018, tarif transpatriot digratiskan. Bus beroperasi mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. (Dean Pahrevi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Genjot Pendapatan, Bus Transpatriot Bekasi Dimanfaatkan untuk Iklan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru