Cakupan Vaksinasi Dosis Kedua di Kabupaten Sumenep Baru Mencapai 36%

Jumat, 18 Februari 2022 | 13:21 WIB   Reporter: Ratih Waseso
Cakupan Vaksinasi Dosis Kedua di Kabupaten Sumenep Baru Mencapai 36%

ILUSTRASI. Vaksinator menyuntikkan vaksin. TRIBUNNEWS/HERUDIN


COVID-19 - JAKARTA. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mendorong percepatan cakupan vaksinasi dosis kedua di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Hal tersebut berkaca dari capaian dosis kedua di wilayah tersebut baru di angka 36%. Angka tersebut jauh dibandingkan dengan cakupan dosis kedua nasional sebesar 66%.

"Saya hanya ingin mendorong sekali lagi untuk Kabupaten Sumenep karena dosis satunya tadi diangkat 76% tapi dosis keduanya di angka 36%. Saya minta Dandim, Kapolres dan juga seluruh jajaran Forkopimda agar dibantu percepatannya supaya mencapai persentase yang paling tinggi," pesan Jokowi dalam Peninjauan Vaksinasi Daerah secara Virtual, Jumat (18/2).

Bupati Kabupaten Sumenep Achmad Fauzi mengatakan pihaknya terus memacu peningkatan vaksinasi di wilayahnya. Achmad mengakui untuk vaksinasi di Pulau Madura terutama Kabupaten Sumenep memerlukan ekstra sosialisasi agar masyarakat memahami pentingnya vaksinasi sehingga mau untuk divaksin.

Baca Juga: Jokowi Minta Vaksin Covid-19 Booster Digencarkan, Ini Efek Samping yang Terjadi

"Memang di Kabupaten Sumenep memang Pulau Madura ini agak sedikit butuh extra untuk pemahaman, agar kaitan dengan keinginan masyarakat untuk bisa divaksin ini memang harus ada komunikasi persuasif agar lebih humanis," ungkapnya.

Saat ini untuk dosis pertama di Kabupaten Sumenep mencapai 76%, sedangkan dosis kedua baru 36%. Kemudian vaksinasi kelompok lansia dosis pertama 82% dan dosis keduanya baru 26%."Akan terus kami pacu agar percepatan lansia ini bisa tercapai 60% di akhir bulan ini," kata Achmad.

Berikutnya untuk vaksinasi umur 6 sampai 11 tahun di Kabupaten Sumenep juga masih rendah kurang lebih 3,2%. Demikian juga dengan percepatan vaksinasi booster di Kabupaten Sumenep diakui juga masih cukup rendah.

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh, 5 Gejala Omicron Ini Paling Sering Dikeluhkan Pasien

"Tapi coba kami upayakan booster untuk vaksinasi tahap tiga ini biar lebih tepat sampai akhir bulan ini paling tidak bisa tercapai kurang lebih 20%," jelasnya.

Dalam dukungan percepatan vaksinasi nasional, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkap kegiatan vaksinasi masal berikutnya akan menyasar Provinsi Jawa Timur khususnya di Pamekasan Dimana hari ini vaksinasi masal digelar di Kabupaten Magelang dan sebelumnya di Jababeka Bekasi Jawa Barat.

"Kegiatan ini akan kami lanjutkan besok di wilayah provinsi Jawa Timur khususnya kami akan berada di Pamekasan karena tingkat capaian vaksinasi di Pulau Madura masih rendah tentunya ini perlu akselerasi," kata Listyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru