Cara Cek Kepadatan Stasiun dan Kereta LRT Jabodebek secara Realtime

Kamis, 29 Agustus 2024 | 04:42 WIB Sumber: Kompas.com
Cara Cek Kepadatan Stasiun dan Kereta LRT Jabodebek secara Realtime

ILUSTRASI. KAI resmi mengoperasikan sistem pendeteksi kepadatan di stasiun maupun kereta LRT Jabodebek pada hari ini, Rabu (28/8/2024). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar


LRT - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI resmi mengoperasikan sistem pendeteksi kepadatan (crowd detection system) di stasiun maupun kereta LRT Jabodebek pada hari ini, Rabu (28/8/2024). 

Dengan teknologi ini penumpang LRT Jabodebek dapat melihat secara realtime kepadatan di setiap kereta sehingga dapat memilih kereta yang kurang padat. 
 
Lantas bagaimana cara menggunakannya? 
 
Manager Public Relation LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono mengatakan, penumpang dapat memanfaatkan sistem ini melalui layar monitor yang telah disediakan di setiap stasiun LRT Jabodebek. 
 
Pada layar monitor itu akan menampilkan informasi mengenai status kepadatan stasiun dan kereta yang akan datang. 
 
Kepadatan stasiun maupun kereta akan ditampilkan dalam tiga indikator warna, yaitu hijau berarti stasiun atau kereta sepi, kuning berarti normal, dan merah berarti ramai. 
 
"Di seluruh stasiun LRT Jabodebek akan disediakan monitor atau layar yang menampilkan kondisi real time mengenai kepadatan stasiun dan trainset," ujarnya kepada Kompas.com, dikutip Rabu. 
 
Adapun KAI menyiapkan sekitar 6 monitor di setiap stasiun. Rinciannya sebanyak 2 monitor akan ditempatkan di lorong kedatangan atau tangga untuk melihat kepadatan stasiun, 1 atau 2 monitor ditempatkan di lantai tengah untuk melihat kepadatan peron, dan masing-masing 1 monitor di setiap peron untuk melihat kepadatan rangkaian kereta yang akan masuk. 
 
 
"Pada layar atau monitor yang kami siapkan tersebut, pengguna bisa dengan mudah melihat indikator yang menunjukkan tingkat kepadatan stasiun dan atau trainset," ucapnya.
 
Sistem pendeteksi kepadatan ini telah diujicoba sejak Jumat (23/8/2024) dan semua monitor itu telah diletakkan di tempat masing-masing. 
 
Mahendro mengungkapkan, saat ini penumpang LRT Jabodebek hanya bisa melihat kepadatan secara langsung di stasiun. 
 
Ke depan pihaknya berharap pengecekan kepadatan dapat dilakukan secara online. 
 
"Saat ini belum bisa online. Tentunya ke depan kami berharap bisa seperti itu, apalagi jika bisa dikemas dalam 1 aplikasi (terakomodir di Access by KAI). Namun demikian perlu persiapan yang lebih detail untuk ke arah sana," tuturnya. 
 
 
Sebagai informasi, crowd detection system merupakan teknologi canggih yang dapat memproses gambar dari kamera CCTV yang ada di stasiun dan kereta untuk menghitung jumlah orang di area tertentu secara real-time. 
 
Teknologi ini memungkinkan identifikasi dan pengendalian kerumunan, serta memastikan aliran penumpang yang lancar dan aman di setiap stasiun dan rangkaian kereta.
 
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resmi Beroperasi Hari Ini, Begini Cara Cek Kepadatan Stasiun dan Kereta LRT Jabodebek"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru