Jawa Barat

Cara mendapatkan obat & vitamin gratis untuk penyembuhan Covid-19 di Jawa Barat

Selasa, 06 Juli 2021 | 13:50 WIB Sumber: Kompas.com
Cara mendapatkan obat & vitamin gratis untuk penyembuhan Covid-19 di Jawa Barat

ILUSTRASI. Cara mendapatkan obat & vitamin gratis untuk penyembuhan Covid-19 di Jawa Barat

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri bisa mendapatkan obat dan vitamin untuk terapi penyembuhan secara gratis. Khusus untuk warga Jawa Barat yang isolasi mandiri, cara mendapatkan obat dan vitamin gratis untuk terapi penyembuhan Covid-19 bisa melalui Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 atau Pikobar.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyediakan fitur informasi isolasi mandiri (Isoman) melalui Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 atau Pikobar. Fitur Isoman ini ditujukan bagi warga Jabar yang membutuhkan informasi dan kebutuhan selama menjalani isolasi mandiri di kediaman masing-masing.

"Kami menunda dan membatalkan 11 proyek infrastruktur untuk kepentingan penanganan Covid, khususnya penyediaan obat dan vitamin bagi warga yang isoman. Sehingga, banyak yang bisa sembuh dan penularan dapat dikendalikan," kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil, dari keterangan yang diterima Kompas.com, Senin (5/7/2021).

Ada 4 poin utama dalam fitur Isoman di Pikobar, meliputi:

  1. Informasi edukasi terkait tata cara isolasi mandiri
  2. Prosedur pemantauan kontak erat
  3. Telekonsultasi dengan dokter dari Dinas Kesehatan Jabar
  4. Permohonan obat-obatan dan vitamin untuk terapi penyembuhan Covid-19

Warga Jabar yang sedang menjalani isolasi mandiri serta membutuhkan bantuan obat dan vitamin Covid-19 bisa mengajukan bantuan melalui aplikasi ini.

Bagaimana cara mendapatkan obat dan vitamin Covid-19 secara gratis di Pikobar? Simak selengkapnya!

Baca juga: Cara membedakan batuk kering biasa dengan gejala Covid-19

Kebutuhan obat Covid-19 dan vitamin isolasi mandiri

Pemberian obat dan vitamin gratis untuk terapi penyembuhan Covid-19 ini karena adanya kebingungan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan selama isolasi mandiri. "Yang menjalani isoman jumlahnya cukup banyak dan saya menerima komplain dari warga yang kebingungan harus berkonsultasi ke siapa. Lalu, mereka juga kebingungan mendapatkan obat-obatan dan suplemen," kata Ridwan Kamil, yang biasa disapa Emil.

Warga Jabar juga bisa mengajukan konsultasi jarak jauh dengan dokter dari Dinas Kesehatan terkait keluhan yang dialami selama menjalani isolasi mandiri. Layanan ini bagian dari upaya mengurangi beban fasilitas kesehatan dan rumah sakit di Jabar. "Problem di luar rumah sakit ini menjadi latar belakang dan inisiatif Pemda Provinsi Jabar membuka konsultasi dokter secara online melalui Pikobar dan memberi obat serta suplemen gratis sesuai prosedur kepada mereka yang isoman," kata Emil.

Sumber dana untuk memenuhi kebutuhan isoman warga ini diambil dari refocusing anggaran pembangunan 11 proyek infrastruktur sebesar Rp 140 miliar. Anggaran sebesar Rp 140 miliar tersebut akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan obat-obatan dan suplemen serta vitamin bagi pasien Covid-19.

Cara mendapatkan obat dan vitamin gratis untuk terapi penyembuhan Covid-19 melalui Pikobar dapat diakses melalui aplikasi yang dapat dipasang di Android dan iOS. Apabila ingin mendapatkan obat-obatan dan vitamin gratis untuk terapi penyembuhan Covid-19 melalui situs web, dapat mengunjungi portal https://pikobar.jabarprov.go.id/.

Editor: Adi Wikanto
Terbaru