CLOSE [X]

Cara mendapatkan obat & vitamin gratis untuk penyembuhan Covid-19 di Jawa Barat

Selasa, 06 Juli 2021 | 13:50 WIB Sumber: Kompas.com
Cara mendapatkan obat & vitamin gratis untuk penyembuhan Covid-19 di Jawa Barat

ILUSTRASI. Cara mendapatkan obat & vitamin gratis untuk penyembuhan Covid-19 di Jawa Barat


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri bisa mendapatkan obat dan vitamin untuk terapi penyembuhan secara gratis. Khusus untuk warga Jawa Barat yang isolasi mandiri, cara mendapatkan obat dan vitamin gratis untuk terapi penyembuhan Covid-19 bisa melalui Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 atau Pikobar.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyediakan fitur informasi isolasi mandiri (Isoman) melalui Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 atau Pikobar. Fitur Isoman ini ditujukan bagi warga Jabar yang membutuhkan informasi dan kebutuhan selama menjalani isolasi mandiri di kediaman masing-masing.

"Kami menunda dan membatalkan 11 proyek infrastruktur untuk kepentingan penanganan Covid, khususnya penyediaan obat dan vitamin bagi warga yang isoman. Sehingga, banyak yang bisa sembuh dan penularan dapat dikendalikan," kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil, dari keterangan yang diterima Kompas.com, Senin (5/7/2021).

Ada 4 poin utama dalam fitur Isoman di Pikobar, meliputi:

  1. Informasi edukasi terkait tata cara isolasi mandiri
  2. Prosedur pemantauan kontak erat
  3. Telekonsultasi dengan dokter dari Dinas Kesehatan Jabar
  4. Permohonan obat-obatan dan vitamin untuk terapi penyembuhan Covid-19

Warga Jabar yang sedang menjalani isolasi mandiri serta membutuhkan bantuan obat dan vitamin Covid-19 bisa mengajukan bantuan melalui aplikasi ini.

Bagaimana cara mendapatkan obat dan vitamin Covid-19 secara gratis di Pikobar? Simak selengkapnya!

Baca juga: Cara membedakan batuk kering biasa dengan gejala Covid-19

Kebutuhan obat Covid-19 dan vitamin isolasi mandiri

Pemberian obat dan vitamin gratis untuk terapi penyembuhan Covid-19 ini karena adanya kebingungan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan selama isolasi mandiri. "Yang menjalani isoman jumlahnya cukup banyak dan saya menerima komplain dari warga yang kebingungan harus berkonsultasi ke siapa. Lalu, mereka juga kebingungan mendapatkan obat-obatan dan suplemen," kata Ridwan Kamil, yang biasa disapa Emil.

Warga Jabar juga bisa mengajukan konsultasi jarak jauh dengan dokter dari Dinas Kesehatan terkait keluhan yang dialami selama menjalani isolasi mandiri. Layanan ini bagian dari upaya mengurangi beban fasilitas kesehatan dan rumah sakit di Jabar. "Problem di luar rumah sakit ini menjadi latar belakang dan inisiatif Pemda Provinsi Jabar membuka konsultasi dokter secara online melalui Pikobar dan memberi obat serta suplemen gratis sesuai prosedur kepada mereka yang isoman," kata Emil.

Sumber dana untuk memenuhi kebutuhan isoman warga ini diambil dari refocusing anggaran pembangunan 11 proyek infrastruktur sebesar Rp 140 miliar. Anggaran sebesar Rp 140 miliar tersebut akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan obat-obatan dan suplemen serta vitamin bagi pasien Covid-19.

Cara mendapatkan obat dan vitamin gratis untuk terapi penyembuhan Covid-19 melalui Pikobar dapat diakses melalui aplikasi yang dapat dipasang di Android dan iOS. Apabila ingin mendapatkan obat-obatan dan vitamin gratis untuk terapi penyembuhan Covid-19 melalui situs web, dapat mengunjungi portal https://pikobar.jabarprov.go.id/.

Adapun cara pengajuan untuk mendapatkan obat dan vitamin gratis untuk terapi penyembuhan Covid-19 meliputi:

  • Kunjungi laman Pikobar, pilih menu "Isoman" kemudian pilih "Permohonan Kebutuhan Vitamin/Obat".
  • Isikan nama lengkap, nomor telepon yang dapat dihubungi, nomor telepon lain, e-mail, alamat tinggal, NIK, tempat tanggal lahir, umur, dan tanggal terkonfirmasi positif.
  • Anda akan diminta mengunggah foto KTP dan foto hasil tes terkonfirmasi positif, yang akan digunakan petugas untuk memvalidasi data pemohon.

Anda juga akan diminta menjawab beberapa pertanyaan, yakni:

  • Di mana lokasi Anda melakukan tes Covid-19?
  • Apakah sudah melapor pada RT/RW/puskesmas terdekat?
  • Apakah sudah ada kontak RT/RW/puskesmas terdekat untuk mengecek riwayat kontak erat?

Sebagai catatan, pengajuan obat dan vitamin gratis untuk terapi penyembuhan Covid-19 yang terkumpul mulai tanggal 4-7 Juli 2021 akan didistribusikan paling lambat setelah tanggal 8 Juli 2021

Panduan isolasi mandiri

Berdasarkan informasi di Pikobar, berikut panduan bagi mereka yang menjalani isolasi mandiri:

  • Tetap tinggal di rumah, kecuali untuk kepentingan medis.
  • Selain membekali dengan obat dan vitamin untuk penyembuhan Covid-19, ada baiknya miliki nomor kontak dokter untuk konsultasi & pemantauan kondisi pasien.
  • Lengkapi diri dengan alat kesehatan seperti: termometer, oximeter, alat kesehatan lain yang disesuaikan dengan komorbid (mis. pengukur tensi darah).
  • Kabarkan keluarga, komunitas, dan teman jika terdiagnosis positif Covid-19 dan harus menjalani isoman.
  • Gunakan kamar tidur terpisah dengan anggota keluarga lainnya, dan jika memungkinkan dengan kamar mandi terpisah.
  • Terapkan protokol kesehatan (gunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak).
  • Lakukan pengukuran suhu harian dan observasi gejala klinis seperti batuk atau kesulitan bernapas.
  • Hindari pemakaian bersama peralatan makan, mandi, dan linen/seprai.
  • Tidak disarankan menggunakan AC.
  • Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS): konsumsi makanan bergizi, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dan lakukan etika batuk/bersin.
  • Berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi.
  • Jaga kebersihan rumah dengan disinfektan.
  • Siapkan tas berisi kebutuhan darurat jika tiba-tiba harus pergi ke fasyankes terdekat, seperti KTP, kartu BPJS, kartu berobat di fasyankes/RS langganan, baju ganti, peralatan lain seperti gadget, dan lainnya.
  • Segera hubungi fasyankes terdekat jika terjadi perburukan gejala untuk perawatan lebih lanjut.

Itulah cara mendapatkan obat dan vitamin gratis untuk terapi penyembuhan Covid-19 bagi warga Jawa Barat selama isolasi mandiri. Jangan lupa untuk tetap berolahraga dan berjemur di bawah sinar matahari selama isolasi mandiri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kabar Baik untuk Warga Jabar, Ini Cara Ajukan Bantuan Obat Selama Isoman Melalui Pikobar",


Penulis : Rosy Dewi Arianti Saptoyo
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary

Selanjutnya: Obat dan vitamin untuk menyembuhkan Covid-19 menurut dokter RSUP Persahabatan

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru