Catat! Jalan tol layang Cikampek hanya untuk kendaraan golongan I dan II

Selasa, 24 September 2019 | 15:53 WIB Sumber: Kompas.com
Catat! Jalan tol layang Cikampek hanya untuk kendaraan golongan I dan II

ILUSTRASI.


PROYEK INFRASTRUKTUR - JAKARTA. Anak perusahaan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, yang mengelola Jalan Tol Jakarta-Cekampek II (Elevated), PT Jasamarga Jalan layang Cikampek (JJC), mulai melakukan rangkaian sertifikasi laik operasi pada tol layang sepanjang 26,40 km tersebut. 

Bersama dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki M. Hadimuljono, serta Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, PT JCC mulai melakukan uji pembebanan jembatan atau loading test

"Uji beban dilakukan pada tipikal-tipikal lokasi yang unik. Malam ini baru dilakukan pada satu tipikal lokasi saja. Hasilnya untuk tipikal titik yang dilakukan uji beban malam ini tergolong aman," kata Basuki dalam keterangan resmi Jasa Marga, Selasa (24/9). 

Baca Juga: Tol layang Jakarta-Cikampek diprediksi dilalui mobil 35.000 per hari

Titik pengujian perdana yang dilakukan adalah pada Km 39, tepatnya di Pier Utara No. 490 – 490A yang terletak pada arah Cikampek. Tipikal lokasi ini memiliki desain Pierhead Kantilever

Pengujian dilakukan dengan menerapkan metode beban dinamis alias frekuensi resonansi akibat impact dan uji beban statis loading unloading maksimum. Prosesnya dilakukan dengan berat 400 ton menggunakan 16 truk berkapasitas masing-masing antara 25-30 ton yang dibagi menjadi empat tahap. 

Meski demikian, Basuki menjelaskan saat sudah beroperasi nanti, tol layang ini hanya boleh dilintasi oleh kendaraan Golongan I dan II. Mulai dari sedan, pikap, jip, truk kecil, bus, dan truk dengan dua gandar. 

Baca Juga: Catat! Mulai 2020, truk ODOL dilarang masuk jalan tol

"Jangan salah persepsi. Secara struktur sangat kuat menampung hingga kendaraan Golongan V. Tapi dari segi manajemen traffic tidak direkomendasikan. Ini karena saat akses masuk jalan tol yang menanjak, kendaraan besar akan melambat dan menimbulkan antrean," tambahnya. 

Tol Layang Jakarta-Cikampek (PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek) Sementara itu, Direktur Utama PT JJC Djoko Dwijono, menjelaskan bahwa ini merupakan satu dari sekian banyak rangkaian uji beban yang akan dilakukan guna memastikan jalan tol layang ini laik beroperasi. 

"Kami perkirakan untuk uji beban akan berlangsung selama tiga minggu. Namun simultan dengan uji beban, kami juga akan melakukan uji kelaikan dari sisi pengaspalan, perambuan, marka, PJU, kelengkapan CCTV, serta uji kekesatan, dan kerataan jalan," kata Djoko. (Stanly Ravel)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jalan Tol Layang Cikampek Hanya Untuk Kendaraan Golongan I dan II"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru