Catat, Jokowi janji akan siapkan anggaran untuk tambal APBD di Maluku

Selasa, 29 Oktober 2019 | 13:45 WIB   Reporter: Abdul Basith
Catat, Jokowi janji akan siapkan anggaran untuk tambal APBD di Maluku

ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wapres Maruf Amin memperkenalkan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019).


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo menyiapkan anggaran untuk menambal Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Maluku.

Hal itu ia ungkapkan saat kunjungan kerja di daerah tersebut. Ia mendengarkan masukan dari sejumlah kepala daerah yang hadir antara lain 7 Bupati dan 1 walikota.

Baca Juga: Jabat Menhan, Prabowo Subianto akhirnya boleh masuk ke AS, bahkan diundang

"Tadi malam saya dengan Pak Gubernur, Pak Wakil Gubernur, seluruh bupati dan wali kota sudah rapat terbatas. Intinya bahwa APBD provinsi ini memang sangat kurang," ujar Jokowi dalam siaran resmi, Selasa (29/10).

Ia menjanjikan akan langsung berkoordinasi dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati terkait tambahan APBD tersebut. Namun, masalah terbatasnya anggaran tidak hanya dirasakan oleh Maluku.

Menurut Presiden sejumlah daerah juga memiliki masalah yang sama. Sementara itu Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Indonesia juga terbatas. "Dengan keterbatasan APBN yang ada, nanti akan saya utak-atik sesuai dengan tadi yang diusulkan," terang Jokowi. 

Baca Juga: Harga gas industri akan naik, Kadin kirim surat ke Presiden Jokowi

Jokowi meminta agar Menkeu memberi perhatian lebih pada Maluku. Selain melakukan pertemuan dengan kepala daerah, Jokowi juga mengunjungi posko dampak gempa di Maluku saat kunjungan tersebut.

Pada kunjungan kerja tersebut Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Monardo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru