Cerita pedagang bingkai yang kaget setengah mati saat dikunjungi Jokowi

Kamis, 29 Agustus 2019 | 09:23 WIB Sumber: Kompas.com
Cerita pedagang bingkai yang kaget setengah mati saat dikunjungi Jokowi

ILUSTRASI.


JOKOWI - JAKARTA. Momen pergantian presiden dan wakil presiden Republik Indonesia menjadi keuntungan tersendiri bagi para pedagang bingkai foto.

Fatturahman (43), pedagang bingkai foto presiden dan wakil presiden di Pasar Baru, Jakarta Pusat, misalnya, tak melewatkan momen tersebut. Selama 28 tahun Fattur kerap menjual bingkai yang memuat foto presiden dan wakil presiden.

"Jadi setelah fixed diumumkan siapa presiden dan wakil presiden terpilih, saya langsung mencari fotonya untuk saya jual," ujar Fattur saat berbincang dengan Kompas.com di Pasar Baru, Jakarta Pusat, Rabu (28/8).

Baca Juga: Siap-siap, pendaftaran CPNS dibuka usai pelantikan presiden

Toko bingkai foto Fattur bahkan pernah dihampiri Joko Widodo pada Juli 2019. Momen langka ini menjadi kenangan yang tak bisa dilupakan dirinya saat itu.

Awalnya, ia hanya dikunjungi oleh Paspampres Joko Widodo ke Pasar Baru untuk melihat dagangannya. Fattur mengatakan, Paspampres kala itu datang lantaran mereka kaget karena foto pasangan presiden dan wakil presiden, Jokowi-Ma'ruf Amin, sudah terpajang meski keduanya belum dilantik.

"Mereka Paspampres cewek, tinggi-tinggi badannya. Mereka masuk ke toko saya, terus foto saya dan minta KTP saya," ujar Fattur.

Sempat jadi teka-teki mengapa dirinya didatangi Paspampres kala itu. Awalnya Fattur takut terjerat masalah karena menjual foto presiden dan wakil presiden sebelum mereka resmi dilantik. Namun, Fattur meyakinkan dirinya sendiri untuk optimistis bahwa ia tak salah.

Baca Juga: Menanti menteri muda berusia di bawah 30 tahun di kabinet baru Jokowi

Beberapa hari setelah dikunjungi Paspampres, salah satu staf presiden juga mendatangi tokonya lagi. Staf bersangkutan memberi tahu Fattur bahwa Joko Widodo saat itu akan berkunjung ke tokonya.

"Pokoknya saya diberi tahu waktu itu, besok Pak Jokowi akan datang ke toko saya, lalu dia bilang kalau Pak Jokowi datang saya bentangin foto beliau," kata Fattur.

Mendengar itu, ia pun sangat gembira hingga tak bisa tidur. Siapa sangka dia akan didatangi oleh presiden. Tiba saat yang dinantikan selama empat hari, akhirnya pada 12 Juli 2019, Joko Widodo tiba di Pasar Baru.

Baca Juga: Joko Widodo memberi bocoran, Kivlan Zen siap berdamai

Fattur menceritakan, ketika itu keadaan Pasar Baru tampak ramai dan masyarakat berbondong-bondong meminta berswafoto dengan Jokowi. "Kemudian Pak Jokowi keliling-keliling mengitari Pasar Baru. Dia waktu itu sendiri, tapi banyak Paspampres," ujar Fattur.

Setelah keliling mengitari Pasar Baru, Joko Widodo tak lupa menghampiri tokonya dan menyapanya saat itu. Jokowi saat itu melihat Fattur yang tengah membentangkan fotonya. "Dia tersenyum ke saya, terus bilang, 'Kan belum dilantik, kok udah dijual'," ujar Fattur bercerita.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru