CFD terlalu ramai, Gubernur Anies bakal lakukan evaluasi

Senin, 22 Juni 2020 | 14:38 WIB   Reporter: Anna Suci Perwitasari
CFD terlalu ramai, Gubernur Anies bakal lakukan evaluasi

ILUSTRASI. CFD KEMBALI DIGELAR.


DKI JAKARTA - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, bakal mengevaluasi Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) yang kembali dibuka pada Minggu (21/6) kemarin. 

HBKB tersebut akan dievaluasi pada malam ini. "Nanti malam kami akan evaluasi HBKB. Dari situ kami akan kabar kan apa yang akan dikerjakan," kata Anies di Balai Kota seperti dalam rekaman yang disebarkan Humas Pemprov DKI, Senin (22/6).

Ia menyebutkan, Pemprov DKI Jakarta sedang mengumpulkan data warga yang datang dan beraktivitas di sana. Kemudian akan diputuskan apakah akan diubah konsep dan penerapan HBKB-nya. 

"Nanti kami akan putuskan, apakah pendekatannya masih akan seperti kemarin, atau akan diubah pendekatannya. Tapi, intinya adalah kami semua sedang dalam proses belajar menaati protokol, belajar mengelola kegiatan, dan setiap ada proses ambil hikmahnya, lakukan koreksi, lakukan perbaikan," kata dia. 

Baca Juga: Jubir pemerintah untuk Covid-19: Masyarakat belum tertib jaga jarak saat CFD

Sebelumnya, car free day di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin kembali digelar pada Minggu (21/6) lalu. Padahal, CFD setelah ditiadakan sejak 15 Maret 2020 karena pandemi virus corona. 

Car free day pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi digelar mulai pukul 06.00 sampai 10.00 WIB dan hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin berolahraga. 

Ibu hamil, anak-anak di bawah sembilan tahun, dan lansia dilarang beraktivitas di area car free day pada masa transisi karena rentang terpapar Covid-19. Namun, masih banyak masyarakat yang lupa dengan protokol kesehatan menjaga jarak dalam pelaksanaan HBKB. 

Alhasil, berdasarkan hasil tes cepat atau rapid test Covid-19, lima orang berstatus reaktif. "Rapid test tadi yang ikut tes 600 orang, reaktif 5 orang," ungkap Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Kapusdokkes) Polri Brigjen (Pol) Rusdianto ketika dihubungi, kemarin. (Ryana Aryadita Umasugi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "CFD Ramai dan Minim Protokol Kesehatan, Anies Bakal Evaluasi Malam Ini".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru