Cuaca Buruk, Penyeberangan Merak Bakauheni Dihentikan Sementara

Jumat, 23 Desember 2022 | 08:32 WIB   Reporter: kompas.com
Cuaca Buruk, Penyeberangan Merak Bakauheni Dihentikan Sementara

ILUSTRASI. Ratusan kendaraan roda empat antre saat menunggu kapal bersandar di Dermaga Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Kamis (22/12/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/nym.


CUACA EKSTREM - JAKARTA. Cuaca buruk terjadi di Selat Sunda yang menyebabkan tejadinya gelombang tinggi air laut.

Karena itu, demi menjaga keselamatan pelayaran, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memutuskan untuk menutup sementara aktivitas pelayaran di lintas Pelabuhan Merak Banten - menuju Bakauheni Lampung. 

Penutupan penyeberangan di Pelabuhan Merak- Bakauheni ini dilakukan karena kondisi cuaca buruk. 

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin mengatakan, berdasarkan informasi cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Kamis (22/12/2022) pukul 19.00 tidak kondusif untuk pelayaran. 

Baca Juga: ASDP: Pastikan Beli Tiket Online Ferizy H-1 untuk Hindari Antrian di Puncak Nataru

"Sehubungan dengan hal tersebut, manajemen ASDP menetapkan bahwa keberangkatan kapal ditunda hingga cuaca dinyatakan aman untuk kapal berlayar," kata  Shelvy melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis. 

Seperti kita ketahui, pada bulan Desember ini curah hujan umumnya mengalami peningkatan, yang berdampak terjadinya gelombang tinggi dan angin kencang di sejumlah lintasan penyeberangan. 

Untuk itu, sambung Shelvy, PT ASDP terus berkoordinasi secara intensif khususnya dengan BMKG, kepolisian/TNI, dan otoritas pelabuhan setiap kali sebelum kapal ferry melakukan pelayaran agar perjalanannya aman dan lancar sampai tujuan. 

"Manajemen secara aktif dan berkelanjutan menyampaikan informasi kepada pengguna jasa jika terdapat keterlambatan pelayanan yang timbul dikarenakan cuaca ekstrim," ujar Shelvy. 

Baca Juga: Cuaca Ekstrem selama Periode Nataru, Ini Wilayah dengan Potensi Siaga Menurut BMKG

Lebih lanjut, PT ASDP mengimbau kepada seluruh pengguna jasa kapal ferry khususnya lintasan tersibuk, Merak-Bakauheni, agar tetap berhati-hati saat melakukan penyeberangan. 

"Waspadai cuaca buruk, dan pastikan kondisi stamina dan kendaraan agar tetap sehat dan prima," tandas dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cuaca Buruk, Penyeberangan Merak-Bakauheni Ditutup Sementara", Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2022/12/22/212822978/cuaca-buruk-penyeberangan-merak-bakauheni-ditutup-sementara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Syamsul Azhar

Terbaru