Damri Sediakan Operasional Trans Jatim Koridor I Rute Sidoarjo - Surabaya - Gresik

Kamis, 01 Februari 2024 | 14:50 WIB   Reporter: Diki Mardiansyah
Damri Sediakan Operasional Trans Jatim Koridor I Rute Sidoarjo - Surabaya - Gresik

ILUSTRASI. DAMRI beri layanan shuttle gratis untuk rute Bumi Hejo-Stasiun Kereta Cepat Padalarang


KONTAN.C.ID - JAKARTA. Perusahaan Umum Damri dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur bekerja sama untuk menyediakan operasional Trans Jatim koridor I rute Sidoarjo - Surabaya - Gresik.

Kerja sama ini sebagai bagian pengembangan sistem layanan transportasi umum berupa bus transit pada jaringan antar kota dan/atau kabupaten dalam satu lingkup wilayah aglomerasi perkotaan di Jawa Timur.

Koridor relasi perjalanan Sidoarjo - Surabaya – Gresik ini menjadi koridor awal yang dioperasikan sejak Agustus 2022 di Terminal Porong, Sidoarjo, Jawa Timur.

Baca Juga: Damri Buka Rute Terminal Pancor - Geopark Sembalun Permudah Akses Angkutan KSPN

Corporate Secretary Damri, Chrystian R.M Pohan mengatakan, sejumlah 22 unit bus berdesign dek tinggi (highdeck) dioperasikan Damri untuk melayani rute sejauh 72,5 km ini.

"Koridor tersebut menggantikan Bus Rapit Transit Sidoarjo - Surabaya yang telah berhenti beroperasi sejak 2020," kata Pohan dalam keterangan resminya, Kamis (1/2).

Ia menuturkan, wilayah rute Sidoarjo - Surabaya - Gresik adalah wilayah aglomerasi perkotaan, dengan keberangkatan dari Terminal Porong, Terminal Bungurasih, lalu menuju Terminal Bunder. Jalur tersebut jug berlaku untuk rute sebaliknya.

Baca Juga: Damri Resmi Buka Titik Keberangkatan Baru Rute Transjawa di Pool Damri Cawang

Adapun layanan ini memiliki tarif terjangkau, yakni bagi pelanggan umum dikenakan sebesar Rp5000, sedangkan bagi pelajar dikenakan sebesar Rp 2500 yang dapat dilakukan melalui QRIS, Flazz, E-Money, TapCash, Brizzi, Kartu Multi Trip, atau melalui aplikasi AJAIB.

Aplikasi AJAIB menjadi platform informasi dan salah satu metode pembayaran pada layanan Trans Jatim. Jam operasional Trans Jatim disesuaikan dengan mobilitas masyarakat untuk pergi dan pulang kerja, yakni mulai pukul 05.00 – 21.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru