Dana Rp 7,5 T akan dibagi ke daerah kinerja apik

Rabu, 07 Desember 2016 | 11:48 WIB   Reporter: Agus Triyono
Dana Rp 7,5 T akan dibagi ke daerah kinerja apik


JAKARTA. Pemerintah akan menggelontorkan dana insentif daerah senilai Rp 7,5 triliun pada 2017. Dana tersebut akan menyasar ke 317 daerah.

Beberapa daerah yang kebagian rejeki antara lain; Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat (NTB), Morowali, Buleleng, Halmahera Selatan, Maluku Tenggara, dan Surakarta.

Sri Mulyani, Menteri Keuangan mengatakan, dana tersebut diberikan sebagai bentuk penghargaan pemerintah pusat kepada daerah atas kinerja pengelolaan anggaran yang baik. Penghargaan juga diberikan terkait ketepatan waktu penetapan peraturan daerah APBD 2017 serta kesehatan fiskal.

Selain itu, penghargaan juga diberikan terkait perbaikan layanan dasar publik yang dilakukan pemerintah daerah di bidang pendidikan, kesehatan dan penyediaan air minum. "Besaran alokasi tertinggi dari penghargaan dana insentif daerah Rp 65 miliar," katanya di Istana Negara Rabu (7/12).

Presiden Joko Widodo berharap, dana insentif daerah tersebut bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Menurutnya, insentif senilai Rp 65 miliar adalah lumayan besar. "Sepuluh tahun lalu, saya waktu jadi walikota dapat Rp 10 miliar bisa jadi tiga pasar, ini Rp 65 miliar bisa jadi 15 pasar," kata Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru