Data Kemendikbud: Ada 25 klaster belajar tatap muka di DKI, Jakarta Barat terbanyak

Kamis, 23 September 2021 | 04:40 WIB Sumber: Kompas.com
Data Kemendikbud: Ada 25 klaster belajar tatap muka di DKI, Jakarta Barat terbanyak


PENDIDIKAN - JAKARTA. Berdasarkan data survei yang dirilis Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemendikbudristek) diketahui munculnya 25 klaster Covid-19 di Jakarta yang berasal dari kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. 

Situs web sekolah.data.kemdikbud.go.id menunjukkan data survei per 22 September 2021. Berdasarkan data dari 897 responden sekolah yang mengisi survei tersebut diketahui terdapat 25 klaster. 

Dari 25 klaster tersebut, Jakarta Barat menjadi wilayah dengan klaster PTM terbanyak, yakni 8 klaster. Sedangkan Jakarta Timur 6 klaster, Jakarta Utara 5 Klaster, Jakarta Selatan 5 klaster dan 1 klaster di Jakarta Pusat. 

Sedangkan total pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) yang tercatat positif Covid-19 mencapai 227 kasus. Sedangkan siswa atau peserta didik yang terpapar Covid-19 dan berstatus positif terhitung 241 kasus. 

Baca Juga: Cara persiapkan anak untuk hadapi pembelajaran tatap muka

Kepala Dinas Kesehatan Widyastuti mengatakan data tersebut masih harus dilakukan investigasi karena ada kemungkinan penyebaran Covid-19 bukan terjadi pada saat PTM berlangsung. 

"Kita tahu bahwa mungkin dari keluarga dulu, atau saat interaksi di jalan karena pada saat di jalan karena tidak semuanya mempunyai kendaraan pribadi," tutur Widyastuti saat ditemui di kawasan Monas, Rabu (22/9/2021). 

Baca Juga: Menkominfo: PTM terbatas merupakan upaya menyelamatkan anak-anak Indonesia

Dia juga tidak menutup kemungkinan terdapat kasus positif Covid-19 di saat PTM berlangsung. Namun, untuk memastikan apakah penularan murni berasal dari sekolah, perlu pemeriksaan yang lebih intens agar kasus bisa disebut klaster PTM. 

"Tapi sekali lagi kita belum diberikan info atau masih dalam proses melakukan investigasi bersama dengan dinas pendidikan," ucap Widyastuti.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Data Kemendikbud: 25 Klaster Covid-19 Belajar Tatap Muka Ditemukan di Jakarta"
Penulis : Singgih Wiryono
Editor : Irfan Maullana

 

Selanjutnya: 7 Syarat sekolah dapat dikatakan aman untuk tatap muka, apa saja?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru