Jawa Timur

Dekan FK Unair Dipecat, Buntut Tolak Rencana Menkes Datangkan Dokter Asing

Kamis, 04 Juli 2024 | 07:48 WIB Sumber: Kompas.com
Dekan FK Unair Dipecat, Buntut Tolak Rencana Menkes Datangkan Dokter Asing

ILUSTRASI. Tim medis berjumlah 22 orang dari Arab Saudi akan terus membantu menyelamatkan nyawa masyarakat tidak mampu di Sumatera Utara. Mereka juga akan memberikan ilmu dan keterampilan bedah jantung terbuka tingkat lanjut kepada dokter-dokter Indonesia.


HARGA EMAS HARI INI - SURABAYA - Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) Surabaya, Prof. Budi Santoso, diberhentikan dari jabatanya setelah memberikan pernyataan terkait penolakan dokter asing. 

Kabar pencopotan Budi sebagai Dekan FK Unair tersebut awalnya tersebar melalui pesan di grub WhatsApp, yakni pesan berisi mengenai informasi pemberhentian dan permintaan maaf. 

Baca Juga: Menkes Sebut Kedatangan Dokter Asing untuk Selamatkan Bayi Kelainan Jantung

"Assalamualaikum wr wb, Bpk ibu Dosen FK. Unair, per hari ini sy diberhentikan sebagai Dekan FK. Unair, sy menerima dengan lapang dada dan ikhlas, Mhn maaf selama sy memimpin FK. Unair ada salah dan khilaf, mari terus kita perjuangkan FK. Unair tercinta untuk terus maju dan berkembang, Aamiin3x , salam hormat untuk guru, semior dan sejawat semuanya," tulis pesan tersebut. 

Mengenai hal tersebut, Budi membenarkan terkait pesan yang beredar itu dikirimkan olehnya. Sebab, dia telah menerima surat keputusan (SK) pencopotan sebagai Dekan FK Unair. 

Budi mengungkapkan, pihak rektorat telah memberikan informasi pencopotanya sejak pukul 10.00 WIB. 

Baca Juga: Ini Contoh Dokter Asing yang Bawa Manfaat untuk Masyarakat dan Dokter Indonesia

Akan tetapi, dia baru menerima SK terkait hal tersebut sekitar pukul 15.00 WIB. 

"Iya, (pesan) itu kan grupnya dekan ya, ada grupnya dosen-dosen. Saya pamitan karena SK-nya saya terima tadi, sekitar pukul 15.00 WIB," kata Budi saat dihubungi melalui telepon, Rabu (3/7/2024). 

Lebih lanjut, Budi sempat dipanggil oleh Rektor Unair, Prof. Nasih, pada Senin (1/7/2024). Dia diminta untuk menjelaskan mengenai pernyataannya yang menolak adanya dokter asing. 

"Prosesnya (pencopotan), saya Senin dipanggil terkait dengan statement tidak setuju dengan dokter asing. Terus akhirnya hari Rabu keluar SK-nya," jelasnya. 

Diketahui, Budi mengeluarkan pernyataan penolakan pada surat edaran (SE) dengan nomor DG.03.02/D.IV/1483/2024 yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). 

SE tersebut berisi tentang kebutuhan dokter Warga Negara Asing (WNA) pada RS vertikal di lingkungan Kementerian Kesehatan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dekan FK Unair Dicopot Usai Tolak Rencana Menkes Datangkan Dokter Asing",  

Selanjutnya: Nonton Oshi no Ko Season 2 Episode 1 Subtitle Indonesia, Berikut Streaming Legal

Menarik Dibaca: Rekomendasi 6 Film Western Bertema Perselingkuhan Bikin Gregetan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Syamsul Azhar

Terbaru