Dengar Suara Dentuman Keras, Warga Lereng Gunung Semeru Berhamburan

Rabu, 02 Maret 2022 | 07:49 WIB Sumber: Kompas.com
Dengar Suara Dentuman Keras, Warga Lereng Gunung Semeru Berhamburan

ILUSTRASI. Warga melihat material lahar hujan Gunung Semeru mengalir di Kali Regoyo, Desa Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (9/1/2022).


KONTAN.CO.ID - LUMAJANG. Warga lereng Gunung Semeru di Dusun Krajan, Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, berhamburan keluar rumah usai mendengar dentuman keras pada Selasa (1/3) pukul 22.30 WIB. Warga merasa cemas dengan suara tersebut hingga mencari informasi dengan menghubungi perangkat desa setempat.

Sekretaris Desa Penanggal Amin mengkonfirmasi kebenaran dentuman yang didengar warganya. Menurut Amin, sudah ada dua warga yang menghubunginya untuk memastikan suara dentuman tersebut letusan Semeru atau bukan. 

"Dua orang menghubungi saya menanyakan terkait adanya letusan karena warga mendengar dentuman keras," kata Amin di Balai Desa Penanggal, Senin.

Baca Juga: Gunung Semeru Tunjukkan Tanda-Tanda Akan Meletus Lagi  

Sejauh ini Amin belum bisa memastikan asal dentuman suara tersebut. Namun begitu, dia tetap mengimbau warganya untuk tetap tenang dan menunggu informasi dari pos pantau. 

Sementara itu, dari hasil pantauan di lokasi, hujan abu cukup deras mengguyur lereng gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut. Daerah yang diguyur hujan abu adalah Desa Supit Urang, Desa Sumberwuluh, Desa Sumbermujur, Desa Penanggal, hingga Desa Jarit. 

Belum ada keterangan resmi dari pos pantau Gunung Api Semeru di Gunung Sawur, Kabupaten Lumajang terkait dentuman dan hujan abu tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Dengar Suara Dentuman Keras, Warga Lereng Gunung Semeru Berhamburan.
Penulis: Kontributor Lumajang, Jawa Timur, Miftahul Huda
Editor: Priska Sari Pratiwi

Baca Juga: Siaga Gunung Merapi Meletus, Radius Bahaya Diperluas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru