Densus 88 tangkap satu orang terduga teroris di kota Cirebon, Minggu malam

Senin, 14 Oktober 2019 | 09:42 WIB Sumber: Kompas.com
Densus 88 tangkap satu orang terduga teroris di kota Cirebon, Minggu malam

Densus 88 tangkap satu orang terduga teroris di kota Cirebon, Minggu malam


TERORIS - CIREBON. Tim datasemen khusus (densus) 88 Mabes Polri menangkap seorang berinisial BA (33), yang diduga terlibat dalam jaringan terorisme, di Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon Minggu malam (13/10). 

“Penangkapan dilakukan langsung oleh densus sekitar pukul 19.00 – 19.30 WIB. Kami hanya dapat informasi dari densus, kemudian kami diminta bantuan untuk back up penggeledahan,” kata Kapolres Cirebon Kota, Roland Ronaldy, kepada Kompas.com di lokasi, Senin dini hari (14/10). 

Pantauan Kompas.com, penggeledahan terhadap tempat tinggal BA, di Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon dilakukan sekitar pukul 21.00 WIB. 

Baca Juga: PBB daerah rendah, CITA: Banyak potensi penerimaan tidak terpotret

Disaksikan anak dan istri 

Penggeledahan dilakukan tim gabungan densus 88 dan jajaran kepolisian Resor Cirebon Kota. Sejumlah tim identifikasi juga diterjunkan untuk turut serta melakukan penggeledahan. Penggeledahan disaksikan oleh istri terduga teroris berinisial U, anak-anak terduga, pihak Rukun Warga, dan juga sejumlah personel. 

Syarif Rahman, Ketua RW setempat menyampaikan, proses penggeledahan dilakukan di kamar. Petugas tampak mengamankan sejumlah barang-barang antara lain senjata tajam dan buku-buku. 

“Yang dibawa buku, banyak, beberapa buku, saya ga inget. Ada senjata tajam jenis belati, satu buah foto terduga bersama istrinya,” kata Syarif kepada sejumlah media usai penggeledahan di depan rumah terduga. 

Baca Juga: Semester I 2019, pariwisata Dubai gaet 8,36 juta turis internasional

1 tahun tinggal di Cirebon, sebelumnya di Jakarta 

Syarif menceritakan, BA sebelumnya tinggal di Jakarta, dan baru tinggal di rumah tersebut sekitar satu tahun lalu. Setiap harinya, pria yang berasal dari Padang itu, berjualan sebagai tukang es. 

Syarif tidak menyangka BA diamankan dalam kaitan sebagai terduga teroris. “Saya terkejut ya, karena saya lihat enggak ada (keanehan) dan karena saya enggak tahu. Saya baru dikabarin tadi jam 21.30," kata Syarif.  

"Saya kaget, dan hanya mengikuti arahan tim kepolisian, saya hanya menyaksikan apa saja yang diperiksa dan digeledah,” ujar Syarif. (Muhamad Syahri Romdhon)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Densus 88 Tangkap Satu Orang Terduga Teroris di Kota Cirebon"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru