Densus 88 tangkap terduga teroris di Kampar Riau, ini saja yang ditemukan polisi

Selasa, 12 November 2019 | 13:44 WIB Sumber: Kompas.com
Densus 88 tangkap terduga teroris di Kampar Riau, ini saja yang ditemukan polisi

ILUSTRASI. Polisi membawa barang bukti, seusai penangkapan terduga teroris di Jalan Nanggewer, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Jumat (17/5/2019). Densus 88 Polri dibantu Polres Bogor berhasil menangkap serta menggeledah terduga teroris jaringan ISIS dengan barang bukti


TERORIS - PEKANBARU. Densus 88 Mabes Polri menangkap enam terduga teroris di wilayah Desa Kuapan, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau. Menurut informasi yang dirangkum Kompas.com, penangkapan terduga teroris dilakukan sejak, Sabtu (8/11/2019) lalu.

Enam terduga teroris itu ditangkap dari berbagai lokasi. Kadindin (50), salah seorang warga yang mengaku melihat penangkapan seorang pria terduga teroris. Dia mengenal pria yang ditangkap petugas tersebut, berinisial ED.

Baca Juga: Amazon menjadi saham yang paling diburu di Wall Street, ini alasannya

"Saya lihat langsung penangkapannya di warung. Saya kenal sama yang ditangkap itu," kata Kadindin saat ditemui Kompas.com, Selasa (12/11). Pria yang tinggal di bantaran Sungai Kampar, ini mengaku merinding saat melihat petugas bersenjata lengkap menangkap terduga teroris.

Pada saat penangkapan, kata dia, semua warga yang ada di lokasi diminta menjauh. Selang 15 menit kemudian, petugas berhasil melumpuhkan lima terduga teroris lainnya.

Dia menuturkan, untuk terduga pelaku ED sudah cukup lama tinggal di Desa Kuapan. Namun, kesehariannya dia terkenal tertutup dan jarang berinteraksi dengan warga sekitar. "Yang dua itu dulu dibawa sama ED ke kampung ini. Udah lama juga disini. Tapi gak mau bergaul sama kita," tutur Kadindin.

Baca Juga: Trump: Militer AS sudah membunuh orang yang gantikan Baghdadi sebagai pemimpin ISIS

Sementara itu, petugas menggeledah sebuah rumah kayu yang berada di pinggir jalan di Desa Kuapan, yang dijadikan tempat tinggal oleh sejumlah pelaku.

Di tempat lain, petugas juga menemukan gubuk yang diduga tempat latihan para terduga teroris. Gubuk itu berada di dalam hutan dekat kebun warga, yang berjarak sekitar 5 kilometer dari permukiman warga.

Dari penangkapan terduga teroris ini, tim Densus menyita sejumlah barang barang bukti yakni busur dan anak panah, besi yang diruncing, pipa yang diduga dirakit jadi bom, parang, ketapel, buku tentang jihad, gunting, serta sarung tangan. (Idon Tanjung)

Baca Juga: Kapolda Riau: Densus bukan gerebek pencuri ayam, ini kejahatan extraordinary

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tangkap Terduga Teroris di Kampar Riau, Densus 88 Temukan Buku Jihad hingga Ketapel", 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru