Di Pasar Malam Keputran, Mendag Zulhas : Ibu-ibu Bahagia Harga Bapok Turun

Minggu, 31 Juli 2022 | 15:58 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Di Pasar Malam Keputran, Mendag Zulhas : Ibu-ibu Bahagia Harga Bapok Turun

ILUSTRASI. Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melakukan sidak ke Pasar?Grosir Keputran Surabaya bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah?Indah Parawangsa


HARGA PANGAN - JAKARTA. Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memastikan ibu-ibu rumah tangga semakin bahagia karena harga barang kebutuhan pokok (bapok) terus mengalami penurunan.  Dengan harga bapok yang terjaga, inflasi akan tetap terkendali.

"Kita syukuri mudah-mudahan harga bapok rendah dan stabil terus sehingga inflasi terjaga. Kalau harga-harga turun maka ibu-ibu yang dagang dan ibu rumah tangga senang dan bahagia," ujar Mendag Zulkifli Hasan usai inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Grosir Keputran Surabaya, pada Sabtu malam (30/7) dalam siaran persnya.

Turut hadir pada sidak Gubernur Jawa Timur Kofifah Indah Parawangsa. Selain itu, Plt. Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Syailendra serta Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Veri Anggrijono turut mendampingi sidak di pasar tersebut.

Baca Juga: Prospek perusahaan minyak kelapa sawit saat harga CPO mulai ternormalisasi

"Sengaja saya tidak ke pasar pagi, tapi yang malam karena komoditas di pasar ini untuk dijual lagi. Saya terkejut, harga bawang merah mulai Rp25.000--28.000/kg. Artinya pengecer bisa jual Rp35.000--40.000/kg. Harga ini sudah jauh menurun dari harga sebelumnya," kata Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag Zulkifli Hasan menyebut komoditas hortikultura lain di Pasar Keputran terus mengalami penurunan. "Segala jenis cabai, harga rata-rata sudah Rp55.000/kg. Jadi pengecer bisa jual di harga Rp60.000--65.000/kg. Jauh lebih murah. Sementara harga bawang putih dan beras stabil. Sedangkan harga sayuran cenderung turun," Imbuh Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag menambahkan, Kemendag akan terus melakukan pemantauan guna menjaga ketersediaan pasokan dan harga bapok di seluruh Indonesia. Sebelumnya, pada hari yang sama Mendag Zulkifli Hasan melakukan pemantauan harga dan pasokan bapok di Pasar Kasih Naikoten di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

"Saya keliling terus. Tadi pagi saya ke Pasar Kasih Naikoten, Kupang. Harga daging sapi di sana termurah se-Indonesia, Rp110.000/kg," pungkas Mendag.

Baca Juga: Mendag Zulkifli Hasan Siap Tindak Lanjuti Ekspor 1 Juta Ton CPO ke Tiongkok

Pasar Keputran merupakan pasar grosir, khususnya untuk produk hortikultura  seperti bawang, cabai, dan sayuran. Geliat pada pasar ini mulai memuncak pada sore hingga dini hari.

Berdasarkan pantauan, harga cabai rawit tercatat Rp55.000/kg, cabai keriting (Rp60.000/kg), cabai besar (Rp60.000/kg), bawang merah probolinggo ukuran kecil (Rp25.000/kg), bawang merah super (Rp30.000/kg), bawang putih honan (Rp19.000/kg), serta bawang putih kating Rp24.000/kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru