CLOSE [X]

Diduga Korsleting Listrik, Kios BBM dan Rumah Ludes Terbakar

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:34 WIB Sumber: Kompas.com
Diduga Korsleting Listrik, Kios BBM dan Rumah Ludes Terbakar

ILUSTRASI. Diduga Korsleting Listrik, Kios BBM dan Rumah Ludes Terbakar


KONTAN.CO.ID -  MALINAU. Sebuah kios Bahan Bakar Minyak (BBM) di RT 18 Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara, terbakar hebat, Sabtu (25/6/2022).  Api menyala demikian besar, dan dengan cepat meluluhlantakkan seluruh bangunan kios, termasuk rumah tinggal pemilik. 

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian pada Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran, Rury Ahmad, mengatakan, laporan diterima dari masyarakat sekitar 07.13 Wita. 

"Yang terbakar adalah kios BBM Malinau Lestari dan tempat tinggal. Dugan sementara akibat korsleting listrik. Lokasi kebakaran berjarak tujuh menit dari pos Damkar," ujarnya. 

Rury mengatakan, upaya pemadaman dilakukan oleh tiga unit armada dan sebuah mobil suplay. 

Sebagai antisipasi sebaran api agar tidak meluas, petugas pemadam juga meminta bantuan masyarakat. Tidak hanya menggunakan air, pemadaman juga dilakukan menggunakan pasir. 

Baca Juga: Ekonomi Global Masih Bergejolak, Pemerintah Tunda Pungutan Pajak Karbon

Sifat pasir yang memiliki karakter yang tahan panas, diyakini mampu menahan suhu panas yang tinggi dan mempunyai konduktivitas thermal lebih rendah hingga memiliki efisiensi energi lebih besar untuk memastikan api dari BBM benar benar padam. 

"Petugas bahu membahu berusaha memadamkan api, ada juga truk perusahaan batu bara PT Bara Dinamika Muda Sukses (BDMS) yang membantu suplay air. Sehingga armada kami tetap stay di tempat, dan lebih fokus untuk pemadaman," katanya lagi. 

Belum ada perhitungan kerugian dalam peristiwa ini. Terdapat juga dua unit mobil truck yang ikut terbakar dalam peristiwa tersebut. "Upaya pemadaman dilakukan sekitar dua jam, dan saat ini, dalam proses pendinginan," kata Rury.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kios BBM dan Rumah Tinggal Ludes Terbakar, Api Diduga Dipicu Korsleting Listrik"
Penulis : Kontributor Nunukan, Ahmad Dzulviqor
Editor : Ardi Priyatno Utomo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru