Dinkes minta rumah sakit di Jakarta bangun tenda darurat sebagai ruang IGD Covid-19

Jumat, 25 Juni 2021 | 08:01 WIB Sumber: Kompas.com
Dinkes minta rumah sakit di Jakarta bangun tenda darurat sebagai ruang IGD Covid-19

ILUSTRASI. Petugas medis melakukan penanganan kepada warga yang diduga terpapar virus Covid-19 di RSUD Cengkareng, jakarta, Kamis (24/6/2021).


COVID-19 - JAKARTA. Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengeluarkan surat yang ditujukan kepada seluruh rumah sakit di Jakarta agar membangun tenda darurat sebagai tempat perawatan pasien Covid-19. Surat dengan nomor 6745/-1.773 itu meminta agar rumah sakit melakukan penambahan kapasitas tempat tidur perawatan pasien Covid-19.

"Sehubungan dengan terjadinya peningkatan kasus Covid-19 yang perlu ditindaklanjuti dengan pengembangan kapasitas tempat tidur perawatan pasien Covid-19 secara cepat di seluruh rumah sakit di wilayah DKI Jakarta," tulis Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti dalam surat yang diterbitkan 21 Juni 2021.

Dalam surat itu Widyastuti meminta empat poin penting kepada seluruh rumah sakit di Jakarta. Pertama, mengidentifikasi dan memanfaatkan keberadaan ruangan berkapasitas besar seperti auditorium, aula, ruang pertemuan, ruang serbaguna dan lainnya untuk diubah menjadi tempat perawatan pasien Covid-19.  "Dengan tetap memperhatikan zonasi rumah sakit dan alur pelayanan pasien Covid-19 sesuai kaidah pencegahan dan pengendalian infeksi (PPI)," tulis Widyastuti.

Baca Juga: Covid-19 meledak, ini cara cek ketersediaan tempat tidur rumah sakit di Siranap

Kedua meminta rumah sakit mendirikan tenda darurat berkapasitas besar pada ruang terbuka di lingkungan rumah sakit seperti di halaman, tempat parkir, atau lainnya. "(Pembangunan tenda) sebagai area rumah sakit darurat yang berfungsi sebagai perluasan ruang perawatan Covid-19 atau IGD Covid-19," bunyi surat itu.

Ketiga, direktur dan kepala rumah sakit diminta untuk menetapkan area perawatan tambahan sebagai area perawatan pasien Covid-19. Keempat, pengurus rumah sakit diminta menyampaikan kebutuhan bantuan tenda, velbed, obat-obatan, perbekalan kesehatan dan alat-alat kesehatan lainnya terkait pelayanan Covid-19 ke Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Dinkes Minta Rumah Sakit se-Jakarta Bangun Tenda Darurat sebagai Ruang IGD Covid-19.
Penulis: Singgih Wiryono
Editor: Egidius Patnistik

Baca Juga: Ini skenario yang disiapkan pemerintah hadapi lonjakan Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru