CLOSE [X]

Lolos TKD dan Core Values BUMN 2022, Ini Langkah Selanjutnya

Jumat, 10 Juni 2022 | 04:30 WIB Sumber: Kompas.com
Lolos TKD dan Core Values BUMN 2022, Ini Langkah Selanjutnya

ILUSTRASI.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kemarin (9/6/2022), Forum Human Capital Indonesia (FHCI) sudah mengumumkan hasil Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Core Values BUMN 2022.

Peserta yang sebelumnya telah mengikuti TKD dan Core Values BUMN 2022 dapat mengecek hasilnya melalui akun masing-masing di laman rekrutmenbersama.fhcibumn.id.

Sesuai jadwal yang telah dirilis, pengumuman TKD dan Core Values dapat diakses selama 2 hari, 9-10 Juni 2022. Bagi peserta yang lolos TKD dan Core Values BUMN 2022 berhak mengikuti tahap berikutnya.

Lantas apa tahap berikutnya setelah lolos TKD dan Core Values?

Tahapan setelah lolos TKD dan Core Values Tahapan Rekruitmen Bersama BUMN 2022 telah disusun sejak awal pembukaan pendaftaran, yakni pada 14 April 2022 lalu.

Berdasarkan tahapan tersebut, terdapat 3 tahapan yang perlu dilalui selama proses Rekruitmen Bersama BUMN 2022. Sejauh ini, peserta telah mencapai tahap kedua berupa TKD dan Core Values BUMN. Hasil pengumuman TKD dan Core Values BUMN akan menentukan apakah peserta bisa melaju ke tahap selanjutnya atau tidak.

Baca Juga: Pemerintah Ingin Pembangunan Pabrik Minyak Makan Merah oleh Koperasi Dipercepat

Bagi peserta yang dinyatakan lolos TKD dan Core Values BUMN, ia berhak mengikuti tahap ketiga, yakni Tes Kemampuan Bidang (TKB), wawancara, dan Medical Check-up (MCU).

Pelaksanaan TKB, wawancara, dan MCU ini akan dilakukan sesuai dengan ketentuan masing-masing BUMN yang dilamar. Adapun pelaksanaan TKD, wawancara, dan MCU berlangsung pada 12-25 Juni 2022.

Sebaliknya, bagi peserta yang dinyatakan tidak lolos, maka tidak berhak mengikuti tahap ketiga Rekrutmen Bersama BUMN 2022.

Tes kemampuan bidang, wawancara, dan MCU TKB, wawancara, dan MCU merupakan tahap final Rekrutmen Bersama BUMN 2022. Umunya, TKB bertujuan untuk menguji wawasan pelamar BUMN seputar bidang yang akan dijalaninya dan juga tes di bidang lain yang penting bagi jabatannya.

Selanjutnya, penguji akan menentukan kualifikasi dan kemampuan pelamar dengan membandingkannya pada formasi BUMN yang dituju.

Mengacu pada Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-03/MBU/2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian BUMN, TKB terdiri dari sejumlah kegiatan seleksi, di antaranya:

  • Tes penugasan dimaksudkan untuk menilai kemampuan dan/atau keterampilan peserta ujian sesuai dengan tuntutan jabatan yang dilamar Assessment psikologi dimaksudkan untuk menilai soft competencies peserta ujian sesuai dengan kamus kompetensi dan nilai-nilai Kementerian BUMN
  • Tes kesehatan dimaksudkan untuk menilai tingkat kesehatan peserta ujian dalam menjalankan tugas-tugas jabatan yang dilamar Wawancara dimaksudkan untuk menggali hal-hal spesifik yang terabaikan dalam pengukuran tes-tes sebelumnya dan/atau mendalami hasil pengukuran tes-tes sebelumnya.
  • Peserta yang berhasil melewati tahap TKB, waawancara dan MCU, akan diumumkan pada 4 Juli 2022. Selanjutnya mereka akan mengikuti bela negara dan inagurasi yang masing-masing akan dilaksanakan pada 11 Juli 2022 dan 18 Juli 2022.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Lolos TKD dan Core Values BUMN 2022, Bagaimana Selanjutnya?"

Penulis : Alinda Hardiantoro
Editor : Sari Hardiyanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru