IKN Nusantara

Ditumpangi Menhub, Pesawat Jet Pertama Mendarat di Bandara IKN

Kamis, 12 September 2024 | 16:30 WIB Sumber: Kompas.com
Ditumpangi Menhub, Pesawat Jet Pertama Mendarat di Bandara IKN

ILUSTRASI. Menhub Budi Karya Sumadi bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat uji coba runway Bandara IKN.   


IKN NUSANTARA - JAKARTA. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana mengatakan, pesawat jet mendarat perdana di bandara Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (12/9/2024). Ia menyebut, pesawat itu ditumpangi oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

"Hari ini test landing perdana pesawat jet mendarat di Bandara IKN. Pesawat tersebut ditumpangi oleh Menhub," kata Yusuf kepada wartawan, Kamis.

Ia menuturkan, pendaratan perdana tersebut menjadi bagian sebelum Pesawat Kepresidenan mendarat di sana.

"Itu juga bagian dari test landing sebelum Pesawat Kepresidenan nantinya akan mendarat di Bandara IKN," ucapnya.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi kembali berkantor di IKN pada hari ini. Di hari pertama, ia akan memberikan pengarahan kepada penjabat TNI/Polri. Sementara itu dikutip dari siaran pers Kementerian Perhubungan, Bandara IKN siap menyambut dan melayani kedatangan Presiden RI Joko Widodo.

Baca Juga: Bertolak ke Kaltim, Presiden Jokowi Akan Kembali Berkantor di IKN

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, tahap verifikasi dan kalibrasi telah selesai dilakukan sehingga keamanan dan keselamatan penerbangan sudah dapat dipastikan. “Verifikasi sudah dilakukan pada 8-9 September 2024, kemudian kalibrasi sudah dilakukan pada 10 September 2024. Dengan begitu, Bandara IKN sudah dapat digunakan untuk kunjungan kerja Presiden pekan ini,” ujar Adita.

Bandara IKN dengan runway sepanjang 2.200 x 30 meter ini merupakan bandara yang digunakan untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan dan konektivitas di IKN.

Perkembangan pembangunan terminal VVIP bandara tersebut telah mencapai lebih dari 90 persen dan terminal VIP hampir mencapai 80 persen. Sementara, jalan utama bandara yang nantinya akan menunjang akses dari dan menuju bandara hampir siap 100 persen.

 Adapun pembangunan fasilitas penunjang lain berupa tower ATC, gedung administrasi dan operasional, serta Gedung PKP-PK terus dikebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perdana, Pesawat Jet Mendarat di Bandara IKN, Ditumpangi Menhub", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/09/12/11560791/perdana-pesawat-jet-mendarat-di-bandara-ikn-ditumpangi-menhub.

 

Selanjutnya: Harga Minyak Dunia Naik 1% Kamis (12/9), Brent ke US$71,62 dan WTI ke US$68,31

Menarik Dibaca: 6 Tips Membuat Instagram Story Jadi Lebih Menarik dan Menambah Penonton

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Putri Werdiningsih

Terbaru