Djarot sebut kesalahan input APBD DKI bukan salah sistem, tapi SDM yang bodoh

Kamis, 31 Oktober 2019 | 16:48 WIB Sumber: Kompas.com
Djarot sebut kesalahan input APBD DKI bukan salah sistem, tapi SDM yang bodoh

ILUSTRASI. Anies Baswedan bersama Ahok dan Djarot.


KORUPSI APBD DKI - JAKARTA. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat merespon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyebut bahwa kesalahan penginputan anggaran disebabkan karena kesalahan sistem elektronik APBD warisannya. 

Djarot tak sependapat dengan pandangan Anies itu. Ia mengatakan, jika terjadi kesalahan penginputan, yang keliru bukan sistemnya melainkan SDM yang memasukan data. 

Baca Juga: Anies salahkan sistem zaman sebelumnya, ini komentar menohok dari Ahok

"Yang bodoh itu bukan sistemnya, tapi kira-kira SDM-nya yang input," kata Djarot di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (31/10). 

Oleh karena hal tersebut, Djarot mengatakan, yang seharusnya dievaluasi adalah yang menginput data anggaran. 

Namun, sekalipun Pemprov DKI menilai ada kesalahan di sistem elektronik penganggaran, menurut Djarot, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) harus segera memperbaikinya. 

Paling penting adalah penyusunan anggaran terbuka dan terjamin transparansinya."Artinya kalau itu semakin tertutup maka semakin gelap dan kontrolnya semakin sedikit dan kemudian ada penyusupan-penyusupan anggaran lagi nanti," ujar Djarot.  

Baca Juga: Anies salahkan sistem hingga gubernur terdahulu terkait anggaran jadi-jadian di RAPBD

Djarot menambahkan, untuk menyikapi persoalan ini pun sebaiknya publik tidak gaduh.  Justru yang paling utama adalah bagaimana penyusunan anggaran ini dapat diperbaiki dengan benar. 

"Untuk warga masyarakat nggak usah gaduh, nggak usah nyinyir, nggak usah baper. Ini proses baik tanpa harus hakimi mana salah mana benar. Tapi bagaimana kita memperbaiki," kata Politikus PDI-Perjuangan itu. 

Editor: Noverius Laoli

Terbaru