Kebijakan

DKI perpanjang libur car free day Jakarta

Minggu, 29 Maret 2020 | 17:07 WIB   Reporter: Rahma Anjaeni
DKI perpanjang libur car free day Jakarta

ILUSTRASI. Pemprov) DKI Jakarta memperpanjang kebijakan untuk meniadakan car free day (CFD)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memperpanjang kebijakan untuk meniadakan car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) sampai dengan 5 April 2020 mendatang. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) di ruang publik.

"Car free day ditiadakan sampai 5 April," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di dalam keterangan tertulis, Minggu (29/3).

Baca Juga: Pemerintah pusat masih bahas karantina wilayah DKI Jakarta

Syafrin mengatakan, kebijakan untuk meniadakan CFD selama masa tanggap darurat Covid-19 diharapkan dapat mengurangi potensi penyebaran, serta menekan jumlah kasus.

Kebijakan perpanjangan ini juga bersamaan dengan pemberlakuan kebijakan lain. Misalnya seperti kebijakan peniadaan sistem ganjil genap, hingga pembatasan jam operasional kendaraan umum yang berada di bawah Pemprov DKI Jakarta.

"Kami mengimbau masyarakat agar berdiam diri di rumah saja, jangan keluar rumah kecuali untuk hal-hal penting," kata Syafrin.

Ia menjelaskan, sebenarnya kebijakan ini telah diperpanjang sejak satu minggu yang lalu. Bersamaan dengan sosialisasi kebijakan lainnya yang dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Seperti diketahui, sebelumnya Pemprov DKI telah memutuskan untuk meniadakan kegiatan CFD di sepanjang Jalan Sudirman - MH. Thamrin, pada tanggal 15 Maret dan 22 Maret 2020.

Baca Juga: UPDATE corona di Indonesia: Total 1.285 kasus, 114 meninggal dan 64 orang sembuh

Editor: Khomarul Hidayat


Terbaru