Dua pekan PSBB transisi, Anies klaim angka reproduksi Covid-19 di Jakarta turun lagi

Senin, 22 Juni 2020 | 12:12 WIB Sumber: Kompas.com
Dua pekan PSBB transisi, Anies klaim angka reproduksi Covid-19 di Jakarta turun lagi

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto saat meninjau protokol kesehatan di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Selasa (16/6).


VIRUS CORONA - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pandemi Covid-19 di DKI makin terkendali meski sudah dua minggu masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

Angka reproduksi (Ro) Covid-19 kini berada di angka 0,98 atau turun 0,01 persen dari awal masa transisi PSBB yang masih 0,99. 

Baca Juga: Jokowi menetapkan lima deputi Kepala Staf Presiden (KSP), ini daftarnya

"Tadi pagi jam 06.30 WIB laporan dari tim Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia yang menyampaikan bahwa 2 minggu masa transisi wabah terkendali di Jakarta. Dan dilaporkan bahwa ketika di-review kekhawatiran ketika ada lonjakan tidak terjadi. Justru angka R-nya menjadi 0,98," kata Anies saat upacara HUT DKI di Balai Kota seperti dalam rekaman yang disebarkan Humas Pemprov DKI, Senin (22/6). 

Meski demikian, masa transisi akan terus berjalan hingga akhir Juni 2020. Pemprov DKI kemudian akan mengevaluasi apakah transisi diperpanjang atau tidak. 

"Ini kan perjalanan 2 minggu pertama. Hasilnya, ternyata baik. Dan baik itu bukan artinya Pemprov atau dinas, arti baik ini untuk seluruh masyarakat. Yang digambarkan di situ adalah seluruh kegiatan masyarakat," tuturnya. 

Ia pun tak memungkiri jika pelanggaran selama PSBB tetap ada. Namun masih banyak pula masyarakat yang sudah menyadari pentingnya protokol kesehatan Covid-19.  Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini berjanji Pemprov DKI akan selalu mengutamakan kesehatan dan keselamatan warga. 

Baca Juga: HUT DKI Jakarta, tiket Ancol dijual murah, ini syaratnya

"Nomor 1 keselamatan. Bila dianggap membahayakan, maka kita akan lakukan kembali ke PSBB semula. Tapi, sekarang karena temuannya tidak, kita akan jalani terus 2 minggu lagi," ucap Anies. (Ryana Aryadita Umasugi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dua Pekan PSBB Transisi, Anies Klaim Angka Reproduksi Covid-19 di Jakarta Turun Lagi"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru