Duh, selain 66 RW zona merah corona, 31 RW di Jakarta masuk zona rawan corona

Jumat, 19 Juni 2020 | 11:15 WIB   Reporter: kompas.com
Duh, selain 66 RW zona merah corona, 31 RW di Jakarta masuk zona rawan corona

ILUSTRASI. Rapid Test Untuk Karyawan Pusat Perbelanjaan: Pelaksanaan rapid test COVID-19 di Jakarta Barat, Rabu (17/6). Agung Podomoro Land menggelar rapid test untuk karyawan di 4 pusat perbelanjaan miliknya. Hal tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan protokol


VIRUS CORONA - Jakarta. Update corona di Jakarta mencatat jumlah kasus terkonfirmasi COVID-19 terus bertambah. Bersamaan itu, Pemprov DKI Jakarta juga mencatat ada daerah yang rawan penularan corona.

Update corona di Jakarta hingga 18 Juni 2020 mencatat ada 9.385 kasus positif virus corona. Sehari sebelumnya, kasus positif corona di Jakarta hanya 9.209.

Baca juga: Mulai dipasarkan di Indonesia, ini harga iPad Pro 2020

Selain jumlah kasus positif corona yang bertambah, kini banyak rukun warga (RW) di Jakarta yang masuk zona rawan corona. Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta mencatat sudah ada 66 RW sebagai zona merah corona.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti, menyebutkan ada 31 wilayah rukun warga ( RW) di Jakarta yang dikategorikan zona rawan corona. Sebanyak 31 RW itu di luar 66 RW yang sebelumnya sudah dinyatakan sebagai zona merah dan diawasi selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tansisi.

"(Sebanyak) 31 adalah tambahan. Namanya PSBB transisi, kami enggak cuma melototin 66. (Yang) 66 RW pasti tetap, hanya hati-hati loh ada juga potensi kalau enggak diawasi akan jadi rawan gitu," kata Widyastuti di DPRD DKI Jakarta dalam rekaman suara yang disebarkan Humas DPRD DKI, Kamis (18/6/2020).

Ia menjelaskan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memantau seluruh wilayah, tidak hanya 66 RW zona merah. Dari hasil pantauan itu didapat 31 wilayah yang disebut sebagai zona rawan.

"Kami kan memantaunya tiap hari. Tapi bukan masuk ke 66, bukan. Bahwa semua se-DKI itu tetap dipantau. Namanya PSBB transisi. Belum selesai PSBB-nya," ujar dia.

Widyastuti mengatakan, 31 RW itu mendapat early warning atau peringatan awal agar wilayah tersebut tidak berubah menjadi zona merah.  "Yang ini belum tentu. Pokoknya sebagai early warning saja, takutnya masuk nanti jadi merah," kata dia.

Baca juga: Inilah buah-buahan yang jago turunkan kadar kolesterol

Buka halaman selanjutnya untuk melihat daftar RW zona rawan corona

Editor: Adi Wikanto

Terbaru