Edhy Prabowo klaim KKP telah tangkap kapal asing yang di perairan Natuna

Kamis, 02 Januari 2020 | 22:10 WIB Sumber: Kompas.com
Edhy Prabowo klaim KKP telah tangkap kapal asing yang di perairan Natuna

ILUSTRASI. Sejumlah petugas bersiaga di atas kapal berbendera Vietnam hasil tangkapan di dermaga Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Pontianak di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Rabu (20/3/2019). Kapal Patroli Hiu Macan 01 Kementeria


KELAUTAN DAN PERIKANAN - BANDUNG. Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengklaim Kementerian Kelautan dan Perikanan ( KKP) telah menangkap kapal ikan asing (KIA) yang saat ini mulai merajalela mencari ikan di Perairan Natuna. 

Tepatnya, sebelah timur dan utara Pulau Laut yang merupakan pulau terdepan yang berbatasan langsung dengan Laut China Selatan. 

Baca Juga: Temui Susi Pudjiastuti, Ridwan Kamil tawari jadi penasihat kemaritiman Jawa Barat

"Kapal asing di Natuna kita terus melakukan gerakan-gerakan. Begitu saya dapat laporan dari masyarakat, kami langsung kirim orang dan kita menangkap tiga kapal Vietnam," kata Edhy saat ditemui di sela kunjungannya di lokasi budidaya ikan air tawar di  Kampung Parung Serab, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis (2/1/2019).

Lebih lanjut, Edhy menambahkan, tiga kapal ikan Vietnam yang sudah ditangkap tengah dalam perjalanan menuju Pontianak. "Sudah kita kirim sekarang on the way ke Pontianak," jelasnya. 

Setelah sampai di Pontianak, kapal ikan yang ditangkap nantinya akan diserahkan ke pengadilan. Ketika ditanya  apakah kapal-kapal tersebut akan ditenggelamkan, Edhy mengatakan  belum bisa memutuskan. 

Baca Juga: Permerinteh Indonesia protes terhadap China karena ilegal fishing

"Kita serahkan ke pengadilan, kata pengadilan seperti apa," tuturnya. 

Editor: Noverius Laoli

Terbaru