Infrastruktur

Empat jalur kereta api yang dibangun zaman penjajahan Belanda akan direaktivasi

Minggu, 08 Desember 2019 | 16:18 WIB   Reporter: Handoyo
Empat jalur kereta api yang dibangun zaman penjajahan Belanda akan direaktivasi

ILUSTRASI. Umi Kulsum/KONTAN. Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum di Kemko Ekonomi. Jumat (7/12) - Pemerintah berikan keleluasan daerah buat kurikulum lokal tingkat SMK

KONTAN.CO.ID - SUMEDANG. Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum memastikan, empat jalur kereta api yang dibangun zaman penjajahan Belanda akan direaktivasi. 

Diketahui, empat jalur kereta api yang akan direaktivasi itu, yaitu jalur Cibatu-Garut-Cikajang sejauh 47, 5 kilometer; Rancaekek (Bandung)-Tanjungsari (Sumedang) sejauh sejauh 11, 5 kilometer; Banjar-Pangandaran-Cijulang sejauh 82 kilometer dan Bandung-Ciwidey sejauh 37, 8 kilometer. 

Baca Juga: Polisi beri izin, warga Hong Kong menggelar reli aksi massa damai

"Reaktivasi empat jalur kereta api zaman Belanda ini merupakan aspirasi masyarakat," ujar Uu kepada KOMPAS.com, usai membuka Kejuaraan Pacuan Kuda Piala Gubernur Jabar di Lapang Pacuan Kuda, Desa Raharja, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Minggu (8/12).

Masyarakat yang dimaksud, khususnya warga Sumedang dan Bandung yang sangat membutuhkan moda transportasi baru agar terhindar dari kemacetan. Uu menuturkan, kawasan Bandung dan Sumedang yang padat penduduk tentunya membutuhkan moda transportasi bebas hambatan. Sehingga, Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendorong untuk segera direalisasikan. 

Dengan reaktivasi jalur kereta api zaman Belanda ini, alternatif pilihan moda transportasi bagi masyarakat akan lebih banyak. Khususnya mahasiswa yang ada di Sumedang dan Bandung. 

Baca Juga: Samudra Indonesia (SMDR) Mengalap Berkah dari Rencana Perpindahan Ibu Kota

"Termasuk untuk yang Rancaekek-Tanjungsari. Nantinya, masyarakat Sumedang yang biasa beraktivitas pulang pergi ke Bandung, Rancaekek bisa memanfaatkan kereta api ini," tutur Uu. 

Uu menambahkan, soal teknis dan waktu pelaksanaan reaktivasi empat jalur kereta api, khususnya jalur Rancaekek-Tanjungsari ini, bisa ditanyakan lebih lanjut ke PT KAI. 
"Semua itu (perencanaan dan pelaksanaan) tentunya, tahap demi tahapnya sudah dilakukan oleh PJKA (PT KAI). Yang pasti empat jalur kereta api zaman Belanda di Jawa Barat ini akan segera direaktivasi," kata Uu. (Aam Aminullah)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wagub Jabar Yakinkan 4 Jalur Kereta Zaman Belanda akan Aktif Kembali"

Editor: Handoyo .


Terbaru