Erupsi Gunung Merapi Tidak Menggangu Operasional Candi Borobudur

Senin, 13 Maret 2023 | 14:04 WIB   Reporter: Dimas Andi
Erupsi Gunung Merapi Tidak Menggangu Operasional Candi Borobudur

ILUSTRASI. Erupsi Gunung Merapi yang terjadi belum memberi dampak secara luas terhadap kelangsungan operasional TWC Borobudur.


CANDI BOROBUDUR - JAKARTA. Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur di Magelang, Jawa Tengah masih tetap melayani wisatawan yang datang. Erupsi Gunung Merapi yang terjadi belum memberi dampak secara luas terhadap kelangsungan operasional TWC Borobudur.

General Manager TWC Unit Borobudur Jamaludin Mawardi menuturkan, sebagian pengunjung atau wisatawan Candi Borobudur tetap bisa mengunjungi dan naik ke monumen Candi Borobudur meski terjadi erupsi Gunung Merapi sejak Sabtu, 11 Maret 2023.

Jamaludin mengatakan, Candi Borobodur masih tetap aman dikunjungi wisatawan. Hal ini karena candi tersebut tidak terdampak abu vulkanik akibat awal panas guguran Gunung Merapi.

Baca Juga: Erupsi Gunung Merapi Tak Berdampak pada Penerbangan di Bandar Udara YIA

"Kawasan Candi Borobudur hari ini tidak terkena hujan abu Merapi sehingga para pengunjung tetap bisa menikmati keindahan Candi Borobudur,” ujar dia dalam siaran pers di situs Kementerian BUMN, Senin (13/3).

Asal tahu saja, jumlah pengunjung Taman Wisata Candi Borobudur mencapai sekitar 3.500 orang pada Sabtu (11/3) lalu atau bertepatan pada hari pertama erupsi Gunung Merapi.

Sementara itu, Koordinator Pokja Pemanfaatan Balai Konservasi Borobudur (BKB) Yudi Suhartono juga menyebut, kondisi Candi Borobudur aman dari abu vulkanik Gunung Merapi.

“Bagaimana pun kami tetap memantau kondisi Merapi, terutama untuk arah angin jika terjadi erupsi Merapi guna mengantisipasi hujan abu di kawasan Candi Borobudur,” kata dia.

Baca Juga: Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas Guguran, Potensi Bahaya 7 Kilometer dari Puncak

Abu dari Gunung Merapi memang mengarah ke Candi Borobudur, sehingga pihak Balai Konservasi Borobudur tetap bersiaga dengan menyiapkan tarpaulin untuk menutup stupa sehingga lebih aman dari guyuran abu gunung berapi tersebut.

Lebih lanjut, para wisatawan masih bisa berkeliling, termasuk naik ke monumen Candi Borobudur. Adapun PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) tengah melakukan kajian lapangan kunjungan wisata naik monumen Candi Borobudur dengan sampel acak, hingga 15 Maret 2023. Hal ini dilakukan untuk memastikan kualitas layanan di Candi Borobudur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru