Fenomena Hujan Meteor Delta Aquariids Mulai Besok, Begini Cara Melihatnya

Kamis, 28 Juli 2022 | 15:16 WIB   Penulis: Arif Budianto
Fenomena Hujan Meteor Delta Aquariids Mulai Besok, Begini Cara Melihatnya

ILUSTRASI. Fenomena Hujan Meteor Delta Aquariids Mulai Besok, Begini Cara Melihatnya


FENOMENA ASTRONOMI - Jakarta. Fenomena hujan meteor Delta Aquariids puncaknya mulai besok, Jumat (29/07/2022). Hujan meteor Delta Aquariids ini puncaknya bakal terjadi dini hari pukul 02:00 WIB, mau lihat?

Bulan Juli 2022 nampaknya akan berakhir dalam beberapa hari lagi. Seolah menutup bulan yang penuh dengan fenomena astronomi yang menarik ini, puncak hujan meteor akan menghiasi langit malam sebelum Juli 2022 berakhir dan akan berlangsung hingga Agustus.

Termasuk fenomena hujan meteor Delta Aquariids yang dilaporkan segera mencapai puncaknya. Berdasarkan laman resmi BRIN (brin.go.id), dalam rilis resminya fenomena hujan meteor tersebut terjadi di langit selatan dan dapat diamati dari wilayah Indonesia.

Ini tentu saja menjadi kabar gembira apabila Anda termasuk seseorang yang gemar melihat fenomena astronomi, atau bahkan berburu penampakannya.

Hujan meteor Delta Aquariids ini dapat diamati pada tanggal 29 - 30 Juli mulai pukul 23.00 WIB di ufuk timur. Hujan meteor ini akan mencapai puncaknya sekitar pukul 02.00 WIB di langit selatan. 

Baca Juga: Mengenal Benda Langit yang Disebut Bintang, Berikut 10 Ciri-Ciri yang Harus Diketahui

ILUSTRASI: Hujan meteor, foto sebenarnya Perseid meteor shower

"Hujan meteor ini menampilkan belasan meteor per jam. Debu-debu komet 96P/Macholz diduga menjadi sumber hujan meteor ini," ungkap Thomas Djamaluddin selaku Peneliti Utama bidang Astronomi dan Astrofisika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Menurut Thomas, hujan meteor yang berlangsung hampir bersamaan (dilanjutkan hujan meteor Alpha-Capricornids) ini membuat fenomena tersebut menjadi daya tarik pengamat langit di Indonesia.

Baca Juga: Catat! 3 Fenomena Hujan Meteor Terjadi Akhir Bulan Juli 2022 Ini, Apa Saja?

Apabila kondisi kemarau dan tanpa gangguan cahaya bulan, pengamatan hujan meteor ini menjadi lebih menarik.

Tertarik untuk melihat fenomena astronomi yang satu ini? Jika Anda tertarik untuk melihat fenomena hujan meteor ini, pilihlah lokasi pengamatan yang minim gangguan cahaya lampu dan medan pandang ke langit selatan tidak terganggu pohon atau bangunan.

Mengamati meteor tanpa alat justru membuat medan pandang lebih luas, jadi Anda tidak perlu menggunakan teropong atau teleskop jika tidak terlalu dibutuhkan.

Sebelum menutup pembahasan fenomena langit yang satu ini, mungkin ada yang bertanya-tanya "apakah hujan meteor ini berbahaya?"

Thomas menambahkan bahwa hujan meteor sama sekali tidak berbahay. Debu-debu sisa komet habis terbakar pada ketinggian di atas 80 km.

Jadi, hujan meteor Delta-Aquariids ini aman dan dapat Anda saksikan mulai dini hari pada hari Jumat, 28 Agustus 2022 mulai pukul 23.00 WIB, sementara puncaknya berlangsung sekitar pukul 02.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru