Jawa Tengah

Ganjar menyebut vaksinasi tahap kedua di Jateng tertinggi se-Indonesia

Senin, 15 Februari 2021 | 17:18 WIB Sumber: Kompas.com
Ganjar menyebut vaksinasi tahap kedua di Jateng tertinggi se-Indonesia

ILUSTRASI. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) disuntik vaksin COVID-19 produksi Sinovac (CoronaVac) oleh vaksinator dokter senior spesialis penyakit dalam Zulfachmi Wahab (kanan) di RSUD Tugurejo, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (14/1/2021).

KONTAN.CO.ID - SEMARANG. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap kedua tertinggi se-Indonesia.

"Vaksinasi tahap kedua, Jateng tertinggi di Indonesia. Tapi tahap pertama vaksinasi Covid-19 perlu digenjot lagi," kata Ganjar, Senin (15/2). Ganjar mengaku telah menyiapkan skenario vaksinasi yang diambil dari keputusan rapat bersama pihak-pihak terkait.

Yakni dengan empat metode, titik pelaksanaan, cold chain, dan segala peralatan yang diperlukan. "Sekarang kita telah menyiapkan empat metode, kira-kira titiknya dimana saja, cold chain ada atau tidak apalagi nanti vaksin ada beberapa jenis yang membutuhkan suhu. Bahkan suhunya minusnya banyak sekali," ungkapnya.

Baca Juga: Pastikan distribusi vaksin tahap kedua berjalan lancar, pemerintah gandeng swasta

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo menyebut tingginya vaksinasi penyuntikan kedua di Jateng mencapai 69%. “Penyuntikan kedua itu, karena jadwal saja yang tidak bisa dipercepat. Kita sudah luar biasa, penyuntikan kedua 69% itu tertinggi di Indonesia. Rata-rata di Indonesia hanya 29%,” kata dia.

Yulianto menuturkan, tahap kedua vaksinasi ini terdapat lima kabupaten dan kota yang termasuk tinggi. Kelima daerah tersebut yakni, Kabupaten Wonosobo, Kota Pekalongan, Kabupaten Boyolali, Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang. "Yang masih rendah di Sukoharjo 41,6%,” ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ganjar Sebut Vaksinasi Tahap Kedua di Jateng Tertinggi Se-Indonesia.
Penulis: Kontributor Semarang, Riska Farasonalia
Editor: Dony Aprian

Baca Juga: Dilakukan bertahap, vaksinasi tahap dua akan dimulai di 7 Provinsi di Jawa-Bali

Editor: Wahyu T.Rahmawati


Terbaru