kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Gantikan Getih Getah di HI, DKI pasang instalasi gabion senilai Rp 150 juta


Kamis, 22 Agustus 2019 / 05:55 WIB
 Gantikan Getih Getah di HI, DKI pasang instalasi gabion senilai Rp 150 juta
ILUSTRASI. Tanaman bugenvil di taman kawasan Bundaran HI

Reporter: kompas.com | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengucurkan anggaran Rp 150 juta untuk membuat instalasi gabion (bronjong) di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat. Lokasinya perses di bekas tempat instalasi bambu Getih Getah. 

 

Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitawati mengatakan, anggaran untuk instalasi gabion itu berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Dinas Kehutanan DKI Jakarta. "Ini didesain dan dirancang sendiri oleh Dinas Kehutanan," ujarnya saat dihubungi, Rabu (21/8).

Menurut Suzi, Dinas Kehutanan DKI sengaja membuat instalasi gabion yang terbuat dari tumpukan batu kali dan kawat supaya biayanya terjangkau. Di sekitar instalasi itu, Dinas Kehutanan DKI bakal menanam sansevieria (lidah mertua), lollipop, dan bugenvil yang bisa menyaring polusi. 

"Kemarin, itu penanamannya dalam rangka (Hari Ulang Tahun) Kemerdekaan Republik Indonesia. Kami mau menggambarkan informasi tanam-tanaman (anti)-polutan, narasinya sedang kami buat. Di lokasi itu kami contoh tanam-tanam (anti)-polutan," kata Suzi. 

Suzi menjelaskan, instalasi gabion itu bisa berfungsi kurang lebih dua tahun ke depan. Ia tak menutup kemungkinan setelah itu akan ada jenis instalasi lain yang akan dipasang di lokasi tersebut. 

"Namanya instalasi bisa berganti-berganti, tiap ornamen kota itu berganti-ganti, dinamis sifatnya. Tergantung Dinas Kehutanan mau ganti atau enggak. Misalkan, ada yang lebih bagus, lebih menarik, supaya warga enggak bosan," ucap Suzi. 

Sebelum instalasi gabion, DKI memasang instalasi bambu Getih Getah di lokasi itu. Instalasi bambu ini terpasang hampir satu tahun sebelum akhirnya dibongkar. Getih Getah sempat mendapat sorotan publik karena menelan biaya sekitar Rp 550 juta.

Penulis: Cynthia Lova

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gantikan Getih Getah di HI, DKI Kucurkan Rp 150 Juta untuk Instalasi Gabion"




TERBARU

Close [X]
×