Gantikan Heru Budi, Joko Agus Jadi Inspektur Upacara HUT Ke-79 RI di Monas

Sabtu, 17 Agustus 2024 | 08:53 WIB Sumber: Kompas.com
Gantikan Heru Budi, Joko Agus Jadi Inspektur Upacara HUT Ke-79 RI di Monas

ILUSTRASI. Upacara dihadiri oleh pejabat dan pegawai Pemprov Jakarta yang mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.


PERAYAAN HUT KEMERDEKAAN RI - JAKARTA. Sekretaris Daerah Provinsi Jakarta Joko Agus Setyono menjadi inspektur upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia di lingkungan Pemprov Jakarta yang digelar di Silang Monas Sisi Selatan, Jakarta Pusat, Sabtu (17/8). Joko menggantikan Penjabat (Pj) Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono yang tengah berada di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Heru bertugas sebagai Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) di IKN. Dalam pemantauan Kompas.com di lokasi, upacara dihadiri oleh pejabat dan pegawai Pemprov Jakarta yang mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Agus menuju mimbar inspektur upacara pada pukul 07.18 WIB dan mulai memimpin jalannya upacara HUT ke-79 RI. Pukul 07.25 WIB, para Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dari Provinsi Jakarta mulai berjalan menuju panggung tempat Joko berada.

Baca Juga: Apakah Ganjil Genap Jakarta Pagi Hari Ini Berlaku? Cek Lagi Aturannya

Mereka berjalan untuk melakukan prosesi penyerahan bendera dari Joko selalu inspektur upacara. Setelah bendera diserahkan, para pengibar bendera langsung berjalan ke arah tiang bendera dan bersiap mengibarkannya sekitar pukul 07.30 WIB.

Selama pengibaran bendera berlangsung, korps musik dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi Jakarta turut mengiringinya dengan memainkan musik. Seluruh tamu undangan, para pejabat Pemprov Jakarta, Aparatur Sipil Negara (ASN) beranjak dari kursi lalu menyanyikan lagu "Indonesia Raya" dengan khusyuk.

Proses pengibaran bendera Merah Putih berlangsung sampai pukul 08.00 WIB. Setelah itu, petugas pengibar benda kembali ke tempat semula.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gantikan Heru Budi, Joko Agus Jadi Inspektur Upacara HUT Ke-79 RI di Monas", Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2024/08/17/08345141/gantikan-heru-budi-joko-agus-jadi-inspektur-upacara-hut-ke-79-ri-di-monas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru