Gelar Unisba Expo Untuk Perkuat Konektivitas Antara Perguruan Tinggi dan Masyarakat

Kamis, 01 Februari 2024 | 16:00 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Gelar Unisba Expo Untuk Perkuat Konektivitas Antara Perguruan Tinggi dan Masyarakat

Universitas Islam Bandung (Unisba) menggelar Unisba Expo untuk memperkuat konektivitas antara perguruan tinggi dan masyarakat umum,?di Kampus Utama Unisba, Bandung, Jawa Barat, pada Rabu (31/01/2024).


PERGURUAN TINGGI -  BANDUNG. Universitas Islam Bandung (Unisba) menggelar Unisba Expo untuk memperkuat konektivitas antara perguruan tinggi dan masyarakat umum. 

Acara ini, yang merupakan kolaborasi antara Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) melalui RESVEX 5th (Research And Community Service Expo) dan Bagian Komunikasi dan Humas (Komhumas) Unisba dengan acara C.L.U.E (College Life & University Expo), berlangsung di Kampus Utama Unisba pada Rabu (31/01/2024).

RESVEX, yang merupakan ajang apresiasi untuk peneliti dan pengabdi terbaik serta fakultas yang fokus pada penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, telah memasuki tahun kelima. Acara ini juga berfungsi sebagai pameran hasil penelitian dan pengabdian masyarakat.

Baca Juga: Permudah Akses Pendanaan Pendidikan, Edulab Jalin Kerjasama dengan Danacita

Tujuan utamanya adalah memberikan motivasi kepada dosen Unisba untuk terus melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian yang bermanfaat bagi masyarakat dan negara.

Ketua LPPM Unisba, Neni Sri Imaniyati, menyampaikan bahwa tema RESVEX tahun ini adalah 'Collaboration, Innovation and Synergy Towards Ecosystem Halal,' sejalan dengan visi LPPM Unisba sebagai lembaga yang berperan dalam pengembangan Ekosistem Halal. Ia menekankan pentingnya kolaborasi dan sinergi, baik secara internal maupun eksternal.

Dalam semangat kolaborasi, Guru Besar Unisba ini menjelaskan bahwa Unisba juga menyelenggarakan kegiatan C.L.U.E (College Life & University Expo) untuk meningkatkan kerjasama dengan sekolah-sekolah mitra, memberikan apresiasi kepada guru, khususnya guru Bimbingan Konseling (BK), dan meningkatkan kompetensi guru melalui seminar. 

Baca Juga: Catat 4 Daerah Kost Murah di Bandung, Dekat Dengan Kampus

"Acara ini juga bertujuan untuk memperkenalkan kehidupan kampus dan program studi di Unisba," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (1/2).

Wakil Rektor II Unisba Atih Rohaeti Dariah, mengungkapkan bahwa expo ini merupakan wujud komitmen Unisba dalam menjalankan Tri Dharma perguruan tinggi. Ia menekankan pentingnya menularkan semangat meneliti dan mengabdi kepada siswa SMA, serta berharap dapat mengadakan kompetisi bagi para investor muda.

Unisba ingin berkontribusi melalui riset dan pengabdian kepada masyarakat untuk memperkuat ekosistem halal di Indonesia, sesuai dengan visi dan misi menjadi perguruan tinggi Islam yang maju, mandiri, dan terkemuka di Asia pada tahun 2033.

Unisba Expo dihadiri oleh dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, UMKM Binaan Unisba, Perguruan Tinggi Se-Bandung, masyarakat umum, serta perwakilan guru dan siswa SLTA/Sederajat.

Baca Juga: Sebuah Pencapaian, Unisba Kukuhkan Empat Guru Besar

Acara ini juga meluncurkan Unit Pendamping Proses Produk Halal (UP3H), Observatorium Desa Wisata, dan Komite Etik.

Selain pameran inovasi, hasil PPkM, dan fakultas/program studi, kegiatan ini juga menyelenggarakan seminar pendidikan dan inovasi halal yang bekerja sama dengan lembaga terkait. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru