Gerhana Bulan Penumbra 2023 Terjadi Besok, ini Jenis Gerhana yang Harus Anda Ketahui

Kamis, 04 Mei 2023 | 12:28 WIB   Penulis: Arif Budianto
Gerhana Bulan Penumbra 2023 Terjadi Besok, ini Jenis Gerhana yang Harus Anda Ketahui

ILUSTRASI. Gerhana Bulan Penumbra 2023 Terjadi Besok, ini Jenis Gerhana yang Harus Anda Ketahui


FENOMENA ASTRONOMI - Gerhana Bulan penumbra 2023 terjadi besok (5/5), ini jenis gerhana yang harus Anda ketahui. Gerhana Bulan penumbra yang terjadi di tahun 2023 ini melengkapi beberapa 3 fenomena serupa yang sudah dan akan terjadi sepanjang tahun ini.

Sudah tahu, belum? Fenomena astronomi gerhana Bulan penumbra akan terjadi dalam waktu dekat. Tepatnya mulai tanggal 5 - 6 Mei 2023, gerhana Bulan penumbra akan menjadi fenomena astronomi yang dapat Anda saksikan pada akhir pekan ini.

Gerhana Bulan penumbra terjadi akibat cahaya Matahari yang menuju ke Bulan terhalang oleh Bumi. Kondisi ini menyebabkan tidak semua cahaya Matahari sampai ke Bulan.

Oleh sebab itu, saat puncak gerhana Bulan penumbra terjadi, Bulan akan terlihat lebih redup dari saat purnama. Kabar baiknya, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) lewat situs resminya membagikan informasi bahwa gerhana Bulan penumbra ini dapat diamati dari Indonesia.

Gerhana Bulan penumbra 2023 ini juga menandai terjadinya gerhana yang ke-2 sepanjang tahun ini pasca gerhana Matahari hibrid yang terjadi pada bulan April lalu.

Bagi Anda yang tertarik untuk melihat fenomena gerhana Bulan penumbra 2023, berikut ini waktu kejadian setiap fase gerhana di wilayah Indonesia.

Baca Juga: Besok 5 Mei 2023 Gerhana Bulan Penumbra, Bisa Disaksikan dengan Mata Telanjang

Waktu gerhana Bulan penumbra 2023 di Indonesia:

  • Gerhana mulai (P1): 22.12.09 WIB/ 23.12.09 WITA/ 00.12.09 WIT
  • Puncak Gerhana (Puncak): 00.22.52 WIB/ 00.22.52 WITA/ 02.22.52 WIT
  • Gerhana berakhir (P4): 02.33.36 WIB/ 03.33.36 WITA/ 04.33.36 WIT

Tidak hanya di Indonesia, gerhana Bulan penumbra ini juga dapat dilihat di sebagian besar wilayah Asia, Australia, sebagian kecil Afrika, dan sebagian Rusia.

Sementara wilayah lainnya, seperti sebagian besar Afrika, sebagian kecil Asia, sebagian besar Eropa dan sebagian Rusia  hanya dapat melihat proses terbitnya gerhana Bulan penumbra ini.

Sayang sekali, wilayah Amerika, sebagian kecil Afrika dan sebagian kecil Eropa tidak bisa melihat gerhana Bulan penumbra ini.

Sekedar mengingatkan kembali, fenomena gerhana Bulan terjadi ketika Bulan tertutup oleh bayangan Bumi. Peristiwa ini hanya dapat terjadi ketika konfigurasi atau posisi Matahari, Bumi, dan Bulan tepat atau hampir membentuk garis lurus dan Bulan berada dalam fase Bulan purnama.

Baca Juga: Urutan 12 Zodiak yang Benar dan Lambangnya

3 Jenis gerhana Bulan

Penampakan Gerhana Bulan Total

  1. Gerhana Bulan total, terjadi ketika seluruh bayangan umbra Bumi jatuh menutupi Bulan, sehingga Matahari, Bumi dan Bulan berada tepat di satu garis yang sama.
  2. Gerhana Bulan sebagian, terjadi ketika Bumi tidak seluruhnya menghalangi Bumi dari sinar Matahari, sedangkan sebagian permukaan Bulan yang lain berada di daerah penumbra sehingga masih ada sebagian sinar Matahari yang sampai ke permukaan Bumi.
  3. Gerhana Bulan penumbra, terjadi ketika seluruh bagian BUlan berada di bagian penumbra sehingga Bulan masih dapat terlihat dengan warna yang suram atau lebih redup dari biasanya.

Itulah pembahasan menarik seputar gerhana Bulan penumbra 2023 yang akan terjadi mulai besok hingga 3 jenis gerhana Bulan yang dapat Anda ketahui. Semoga pembahasan di atas dapat menambah wawasan Anda tentang fenomena astronomi yang terjadi dalam waktu dekat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru