Gibran optimistis gerakan #BangkitBersama GoTo bisa jadi penggerak ekonomi di Solo

Senin, 04 Oktober 2021 | 14:19 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Gibran optimistis gerakan #BangkitBersama GoTo bisa jadi penggerak ekonomi di Solo

ILUSTRASI. Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso (kiri) bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (kanan) memberikan pemaparan saat peresmian GoTo UMKM Center


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. GoTo, grup teknologi terbesar di Indonesia yang menaungi Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial baru-baru ini meluncurkan Gerakan #BangkitBersama yang menyasar usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Pada tahap awal, implementasi Gerakan #BangkitBersama ini dimulai dari Solo pada 30 September lalu. Selanjutnya, gerakan ini secara bertahap akan membidik UMKM di Jabodetabek, Bandung, Medan, Semarang, Surabaya, dan daerah-daerah lain di Indonesia.

Langkah GoTo ini mendapat apresiasi dari Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Menurutnya, penanganan pandemi COVID-19 di Solo yang terus membaik menjadi momen untuk melakukan pemulihan dan percepatan ekonomi, apalagi dengan adanya dukungan dari GoTo.

“Kita ingin UMKM harus terlindungi, bisa naik kelas, dan didampingi dari A sampai Z. Caranya adalah dengan mendorong warga agar bisa melakukan kegiatan ekonomi, khususnya penggerak-penggerak ekonomi seperti UMKM, warung, pasar, dan pedagang setempat. Untuk itu, dukungan GoTo yang mengajak warga #BangkitBersama khususnya di Solo, sangat kami apresiasi sebagai keberanian kita melakukan upaya percepatan ekonomi,” ucap Gibran dalam keterangannya, Senin (4/10).

Baca Juga: Lebih dari 4 Juta UMKM bergabung dalam ekosistem GoTo selama pandemi

Gibran optimistis kebangkitan ekonomi di Solo semakin terasa dampaknya dengan adanya penandatanganan prasasti Kampus UMKM Bersama di GoTo UMKM Center, Solo Technopark antara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan GoTo.

Prasasti ini menandai komitmen bersama kedua pihak yang berfokus mengangkat lebih banyak UMKM unggulan daerah melalui peningkatan literasi keuangan dan kapasitas usaha agar naik kelas, terus bertumbuh, dan mampu bersaing dengan brand global.

Hal ini juga sejalan dengan semangat OJK dan Pemerintah untuk mencapai keuangan inklusif dan pemberdayaan UMKM.

Adanya sinergi dalam program prioritas Kampus UMKM Bersama dan Gerakan #BangkitBersama GoTo diharapkan menjadi salah satu bentuk keberpihakan kepada UMKM lokal dan menjadi jembatan untuk mendukung perluasan ekosistem digital UMKM yang terintegrasi dari hulu sampai hilir.

Apalagi GoTo sebagai mitra pertama OJK dalam Program Kampus UMKM Bersama, menargetkan keikutsertaan merchant UMKM dengan produk unggulan daerah, seperti misalnya merchant batik untuk Kampus UMKM Bersama OJK-GoTo di Solo.

“Kami berharap Kampus UMKM Center, Pusat Inkubasi Bisnis, hingga beragam inisiatif teknologi dan pemberdayaan dari GoTo dapat menjadi motor penggerak roda ekonomi Solo,” harapnya dalam acara peluncuran Gerakan #BangkitBersama.

Baca Juga: GoPay hadirkan voucher bantuan sembako murah di Alfamart untuk mitra driver Gojek

Editor: Yudho Winarto

Terbaru