Gubernur Ganjar ajukan pembangunan kawasan industri dan pariwisata di Jateng

Selasa, 09 Juli 2019 | 17:02 WIB   Reporter: Abdul Basith
Gubernur Ganjar ajukan pembangunan kawasan industri dan pariwisata di Jateng


INFRASTRUKTUR DAERAH - JAKARTA. Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengajukan pembangunan kawasan industri dan pariwisata di Jateng. Dari 12 proyek, 3 proyek menjadi fokus utama yang dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Ada dua kawasan industri yang dikembangkan Jateng.

Kawasan industri baru terletak di kawasan Brebes dan pemberesan kawasan industri yang sudah ada di Kendal. Serta pengembangan kawasan pariwisata Borobudur. "Jadi ada Brebes, Borobudur, dan Kendal dalam arti luas," ujar Ganjar saat rapat di Istana Bogor, Selasa (9/7).

Jateng dinilai memiliki potensi yang besar untuk Industri. Bahkan Ganjar bilang Jateng bersaing dengan Vietnam yang tengah tumbuh dalam sisi investasi. Beberapa sektor industri dapat menjadi fokus utama di Jateng. Antara lain industri yang berkaitan dengan tekstil, alas kaki, dan elektronik yang juga memiliki potensi ekspor.

Meski begitu, masih terdapat sejumlah permasalahan yang dikeluhkan investor. Terutama yang berkaitan dengan perizinan menghambat masuknya investor. "Ada sih (kesulitan) rata-rata izin, makanya kami minta ada deregulasi dan debirokratisasi," terang Ganjar.

Oleh karena itu, Ganjar bilang harus ada kemudahan yang diberikan bagi investor di Jateng. Kemudahan tersebut antara lain berkaitan dengan tata ruang, akuisisi lahan, perizinan, dan yang besar adalah tax holiday.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru