Gunung Merapi luncurkan dua kali awan panas pada Selasa siang

Selasa, 02 April 2019 | 14:36 WIB Sumber: Kompas.com
Gunung Merapi luncurkan dua kali awan panas pada Selasa siang


ERUPSI GUNUNG - YOGYAKARTA. Gunung Merapi terpantau mengeluarkan dua kali awan panas guguran, Selasa (2/4). Awan panas guguran ini terjadi pada pukul 11.23 WIB dan 11.25 WIB. 

Kepala Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Kaliurang, Sunarta, saat dikonfirmasi membenarkan terjadi dua kali awan panas guguran Gunung Merapi. "Iya betul," ujar Sunarta saat dikonfirmasi Kompas.com. 

Berdasarkan data Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, awan panas guguran terjadi pada pukul 11.23 WIB dengan durasi 102 detik. Jarak luncur awan panas guguran 1.000 meter mengarah ke hulu Kali Gendol. 

Sementara itu, awan panas guguran kembali terjadi pada pukul 11.25 WIB dengan durasi 93,8 detik. Jarak luncur awan panas guguran 900 meter mengarah ke hulu Kali Gendol. 

BPPTKG Yogyakarta masih menetapkan tingkat aktivitas Gunung Merapi pada Level II atau waspada. 

Selain itu, kegiatan pendakian Gunung Merapi juga tidak direkomendasikan untuk sementara waktu, kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana. 

Warga juga diminta menjauh dan tidak beraktivitas dalam radius 3 km dari puncak Gunung Merapi. (Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Selasa Siang, Gunung Merapi Luncurkan Dua Kali Awan Panas". 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru