H-6 jelang lebaran, sekitar 13.000 kendaraan melintas di Tol Palindra

Kamis, 30 Mei 2019 | 19:51 WIB Sumber: Kompas.com
H-6 jelang lebaran, sekitar 13.000 kendaraan melintas di Tol Palindra


MUDIK LEBARAN - PALEMBANG. Memasuki H-6 jelang lebaran, para pengguna jalan tol Palembang - Inderalaya (Palindra) meningkat. Setidaknya, pada Kamis (30/5).

Kepala Cabang Operasional Tol Palindra Darman Edison mengatakan, pada H-10 sampai H-7 peningkatan volume kendaraan yang masuk ke tol sudah terjadi. Namun, jumlah tersebut semakin bertambah semakin mendekati H-3 jelang lebaran. "Biasanya rata-rata hanya 11.000. Namun hari ini sudah mencapai 13.000," kata Darman, Kamis (30/5).

Darman mengatakan, kendaraan yang masuk ke tol Palindra berasal dari Palembang menuju ke Lampung, maupun ke kabupaten/kota di Sumatra Selatan. Pada puncak arus mudik, jumlah volume kendaraan yang melintas di Palindra pun akan meningkat sampai 20%. "Kemungkinana pada puncaknya nanti, sampai 14.000 kendaraan yang melintas di Palindra," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, ruas tol Kayuagung-Palembang-Betung (Kapal Betung) telah difungsikan sepanjang 36 kilometer sejak H-7 kemarin. Di tol fungsional tersebut, para pemudik diberikan batas waktu untuk melintas, yakni dari pukul 06.00-16.00WIB.

Direktur Lalulintas Polda Sumatra Selatan Kombes Pol Dwi Asmoro mengatakan, pembatasan jam tersebut diterapkan lantaran kondisi jalan tol yang masih belum memiliki penerangan, sehingga jika digunakan pada malam hari dikhawatirkan akan membahayakan bagi pengemudi. "Pukul 16.00 WIB seluruh kendaraan sudah harus keluar di Pematang Panggang (OKI)," kata Dwi.

Dwi mengatakan, rest area akan disediakan pihak pengelola di jalur KM 285. Di sana pos pelayanan terpadu arus mudik juga akan disiapkan.  "Bengkel, toilet dan tempat untuk mengisi bahan bakar juga sudah disiapkan. Blank area semuanya sudah ter-cover," ujar dia. (Aji YK Putra)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul H-6 Jelang Lebaran, Sekitar 13.000 Kendaraan Melintas di Tol Palindra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru