Jabodetabek

Hampir penuh, pengelola rumah sakit Wisma Atlet siapkan 3 tempat tidur di satu kamar

Sabtu, 12 Juni 2021 | 21:40 WIB Sumber: Kompas.com
Hampir penuh, pengelola rumah sakit Wisma Atlet siapkan 3 tempat tidur di satu kamar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kamar perawatan di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta hampir penuh seiring terus bertambahnya jumlah pasien yang masuk. Pengelola Wisma Atlet pun sudah menyiapkan tempat tidur tambahan apabila jumlah pasien terus naik dalam beberapa hari ke depan.

Komandan Lapangan RS Wisma Atlet Letkol Laut M Arifin mengatakan, saat ini pihaknya masih memiliki cadangan sekitar 2.000 tempat tidur. Tempat tidur itu akan ditempatkan di kamar-kamar perawatan atau isolasi yang sudah ada.

Selama ini, tiap kamar hanya diisi dua tempat tidur atau dua pasien. Dengan penambahan ini, maka akan ada kamar yang diisi tiga pasien sekaligus "Nanti mungkin akan dipakai 3 bed. Jadi setiap ruangan ada yang 3 bed, ada yang 2 bed," kata Arifin saat dihubungi, Sabtu (12/6).

Baca Juga: Masyarakat bergejala Covid-19 diminta segera ke faskes terdekat

Berdasarkan data sampai pukul 08.00 WIB pagi ini, jumlah pasien di RS Wisma Atlet sudah mencapai 4.507 orang. Artinya dari 5.994 tempat tidur yang tersedia, 75% telah terisi.

Padahal, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan batas aman keterisian tempat tidur adalah di angka 60%.

"Jadi kapasitas 5.994 itu hanya terhitung dua bed per kamar. Nanti kalau memang urgent bisa digunakan. Jadi nambah sekitar 30 persen," kata Arifin.

Jika penambahan tempat tidur belum cukup, maka pengelola RS Wisma Atlet juga berencana menggunakan tower 8 dan tower 9 di Wisma Pademangan. Selama ini, kedua tower itu digunakan untuk karantina WNI yang baru kembali dari luar negeri.

Jika kedua tower itu harus digunakan, maka warga yang menjalani karantina akan dipindah ke fasilitas karantina di hotel. "Nanti dikondisikan bertahap," kata Arifin.

Arifin menambahkan, lonjakan jumlah pasien ini tak lain akibat dampak libur Lebaran lalu. Aktivitas warga Ibu Kota yang pulang kampung atau sekedar saling berkunjung ke kerabat mempercepat penularan virus corona.

Arifin pun mengimbau masyarakat Jakarta dan sekitarnya untuk tetap patuh pada protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. "Ini sudah hampir lampu merah," kata dia.

Baca Juga: Sri Mulyani sebut peningkatan Covid-19 pasca libur Lebaran perlu diwaspadai

Penulis : Ihsanuddin
Editor : Irfan Maullana

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "RS Wisma Atlet Hampir Penuh, Pengelola Siapkan 3 Tempat Tidur dalam Satu Kamar".

Editor: Khomarul Hidayat
Terbaru