Agribisnis

Harga Beras Mulai Naik di Sejumlah Pasar Tradisional di Jakarta, Cek Harganya

Minggu, 20 Agustus 2023 | 13:43 WIB   Reporter: Maria Gelvina Maysha
Harga Beras Mulai Naik di Sejumlah Pasar Tradisional di Jakarta, Cek  Harganya

ILUSTRASI. Konsumen memilih beras di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, Senin (12/11). Harga Beras di Sejumlah Pasar Tradisional di Jakarta Naik Lagi, Paling Murah Rp 10.000/Kg.


BERAS -  JAKARTA. Dampak el nino mulai terasa pada harga pangan, salah satunya harga beras naik signifikan di sejumlah pasar tradisional Jakarta.

Berdasarkan pantauan Kontan.co.id, harga beras paling murah dijual rata-rata sebesar Rp 10.000/kilogram (kg). Harga beras tersebut meningkat dibandingkan awal bulan Agustus yang sebesar Rp 9.000/kg.

Misalnya saja di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, harga beras yang paling murah untuk kualitas medium dijual seharga Rp 10.000/kg. Sementara, beras kualitas premium dijual Rp 13.500/kg.

Baca Juga: Update Harga Pangan Hari Ini, Harga Beras hingga Daging Sapi Naik

Pedagang Pasar Kebayoran, Wildan mengatakan, kenaikan tersebut mulai terjadi menjelang 17 Agustus 2023.

Akibat kenaikan tersebut, Wildan semakin kesulitan membeli pasokan beras dari petani maupun pengilingan langsung karena harga yang tinggi.

“Dapat stok susah, mahal-mahal harga berasnya. Dari penggilingan dan petani minta mahal,” ujar Wildan kepada Kontan, Minggu (20/8).

Meski demikian, Wildan memaklumi kenaikan tersebut karena dampak El Nino. Apalagi, kondisi kepastian impor beras Indonesia saat ini juga masih mengambang.

Baca Juga: Jokowi Sebut Kran Impor Tahun Ini Dibuka Lebih Lebar Untuk Antisipasi El Nino

“Harapan pada pemerintah? Bingung, petani juga susah kan karena pacelik. Biasanya pemerintah beli juga ya dari luar negeri, ini enggak dikasih juga stoknya, kayak Thailand, enggak dikasih,” tandas dia.

Kondisi serupa terjadi di Pasar Palmerah, Jakarta Barat. Rata-rata, harga beras untuk kualitas biasa dijual Rp 10.000/kg. Senada, pedagang kesulitan mendapatkan pasokan dari agen maupun petani karena harga melambung.

 

Selanjutnya: Anggaran Belanja Modal dan Belanja Barang pada Tahun 2024 Turun, Ini Alasannya

Menarik Dibaca: Waspadai Moms! Bahaya Terlalu Banyak Mengonsumsi Kulit Ayam untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru