Hari Ini 3 November Ada Fenomena Tengah Hari Akan Datang Lebih Awal, Ini Dampaknya

Kamis, 03 November 2022 | 04:08 WIB Sumber: Kompas.com
Hari Ini 3 November Ada Fenomena Tengah Hari Akan Datang Lebih Awal, Ini Dampaknya

ILUSTRASI. Hari ini, 3 November 2022, bakal ada fenomena menarik yang terjadi di Indonesia. STREVOR JONES / @ASTROBACKYARD/via REUTERS


FENOMENA ASTRONOMI - JAKARTA. Hari ini, 3 November 2022, bakal ada fenomena menarik yang terjadi di Indonesia. Fenomena ini jatuh setiap 3 November, di mana tengah hari akan datang lebih cepat dari biasanya. 

Peneliti Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang Hasanuddin menjelaskan, setiap 3 November, siang hari akan terjadi lebih panjang dari hari lainnya. 

Hal ini karena nilai perata waktu yang lebih besar atau lebih positif, sehingga Matahari akan berkulminasi (tepat di atas khatulistiwa) lebih awal daripada hari-hari biasanya dalam satu tahun. 

"Perata waktu adalah selisih antara waktu Matahari sejati dengan waktu Matahari rata-rata," papar Andi kepada Kompas.com, Senin (31/10/2022). 

Waktu Matahari sejati sendiri merupakan waktu yang diukur berdasarkan gerak semu harian Matahari sebenarnya. Sementara waktu Matahari rata-rata, adalah waktu yang diukur berdasarkan gerak semu harian Matahari rata-rata, yakni tepat 24 jam. 

Baca Juga: Ada Gerhana Matahari Hari Ini, BRIN: Peristiwa ini Tak Dapat Disaksikan di Indonesia

Penyebab siang hari lebih panjang 

Andi mengatakan, perata waktu dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu deklinasi Matahari dan kelonjongan orbit Bumi. 

1. Deklinasi Matahari 

Deklinasi merupakan sudut yang dibentuk antara ekuator langit (proyeksi ekuator Bumi pada bola langit) dengan ekliptika (lintasan edar Bumi mengelilingi Matahari). 

Menurut Andi, saat deklinasi Matahari berkurang yang terjadi pada Juni-September dan Desember-Maret, Matahari akan berkulminasi lebih lambat. Sebaliknya, saat deklinasi Matahari bertambah atau pada September-Desember dan Maret-Juni, Matahari akan berkulminasi lebih cepat. 

Baca Juga: Hari Ini Ada Gerhana Matahari, Apakah Masyarakat Indonesia Bisa Menyaksikannya?

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru