Horor awan gelombang tsunami di Meulaboh, ini peringatan BMKG

Selasa, 11 Agustus 2020 | 07:20 WIB Sumber: Kompas.com
Horor awan gelombang tsunami di Meulaboh, ini peringatan BMKG

ILUSTRASI. Logo BMKG.


KONTAN.CO.ID - BANDA ACEH. Warga Aceh dikejutkan dengan kemunculan awan berbentuk gelombang laut bak gelombang tsunami di langit Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat. Fenomena ini membuat warga Meulaboh cemas dan berpikir akan terjadi bencana dahsyat. 

Aidil Firmansyah, seorang warga mengaku heran dan terkejut melihat fenomena awan bergulung bak gelombang laut tersebut. Menurut Aidil, warga terlihat terheran-heran melihat awan yang menggulung panjang itu, karena belum pernah terjadi sebelumnya. 

“Warga memang terkejut ya, selain heran, mereka juga banyak yang mengabadikan fenomena alam ini dengan telepon selulernya, juga tidak sedikit mengaitkan dengan mitos-mitos kebencanaan," jelas Aidil kepada Kompas.com melalui telepon selulernya, Senin, (10/8/2020).  

Baca Juga: BMKG: Depok dan Bogor berpeluang hujan, Jakarta mendung

"Tapi fenomena ini tidak berlangsung lama, hanya setengah jam kemudian awan terbawa angin, lalu cuaca pun mendung sepanjang hari,” lanjutnya.  
Awan Arcus  

Kasi Data BMKG Stasiun Sultan Iskandar Muda, Zakaria , menyebutkan fenomena awan seperti ombak menggulung yang memanjang di langit dikenal sebagai awan Arcus atau awan tsunami. "Awan berbentuk seperti ombak yang menggulung namanya awan Arcus atau disebut juga awan Tsunami, ini memang fenomena langka" kata, Zakaria. 

Baca Juga: Gempa magnitudo 5 mengguncang Sumba Barat Daya

Awan seperti itu, katanya, merupakan bagian dari awan kumulonimbus. Dia mengatakan awan ini bisa menimbulkan angin kencang hingga hujan es. 

"Awan ini merupakan bagian dari awan CB (kumulonimbus). Awan ini merupakan awan rendah dan biasanya berada pada satu level (single level)," katanya.  "Awan ini juga dapat menimbulkan angin kencang, hujan lebat, bisa juga terjadi kilat, petir, angin puting beliung atau hujan es," lanjut Zakaria. 

Baca Juga: Cuaca besok di Jabodetabek sebagian masih berpotensi hujan, sedia payung

Selain itu, awan ini biasanya terjadi di daerah yang tidak begitu luas sehingga tidak dapat dipantau oleh satelit. Dia mengimbau warga agar tak berada di lokasi terbuka jika melihat awan tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Heboh Awan Gelombang Tsunami di Meulaboh, BMKG: Bisa Timbulkan Angin Kencang dan Hujan Es"
Penulis : Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami
Editor : Aprillia Ika
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru