Hujan Sedang Hingga Lebat Disertai Angin Kencang Akan Melanda Kabupaten Karawang

Selasa, 25 Oktober 2022 | 13:12 WIB   Reporter: Handoyo
Hujan Sedang Hingga Lebat Disertai Angin Kencang Akan Melanda Kabupaten Karawang

ILUSTRASI. BMKG Memperkirakan Hujan Sedang Hingga Lebat Disertai Angin Kencang Akan Melanda Kabupaten Karawang. KONTAN/Fransiskus Simbolon


PRAKIRAAN CUACA - JAKARTA. Satu desa di Kabupaten Karawang, Jawa Barat terendam banjir pada Minggu (23/10). Peristiwa tersebut terjadi setelah meluapnya Sungai Cibeet dan Cidawolong akibat tidak sanggup menampung derasnya hujan pada pukul 23.40 WIB.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan pada Senin (24/10) 06.00 WIB, banjir mulai surut di beberapa lokasi terdampak. Banjir merendam permukiman warga di Desa Karangligar Kecamatan Telukjambe Barat, menyebabkan 60 kepala keluarga / 176 jiwa terdampak. Tidak ada laporan adanya pengungsian ataupun korban jiwa dari peristiwa ini.

Banjir juga merendam berbagai bangunan, seperti 50 unit rumah warga, 1 unit mushola dan satu fasilitas pendidikan terendam denga ketinggian muka air bervariasi antara 20 hingga 60 sentimeter.

Baca Juga: Siaga Waspada Bencana di Provinsi Berikut, Peringatan BMKG Cuaca Hari Ini Hujan Lebat

Guna melakukan penanganan bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang berserta aparat terkait menuju lokasi untuk melakukan pendataan dan berkoordinasi untuk melakukan penanganan lebih lanjut.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan akan terjadi potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada waktu antara siang/sore hingga malam hari di sebagian wilayah di Kabupaten Karawang dan sebagian wilayah di Jawa Barat pada Selasa (25/10) dan Rabu (26/10).

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan khususnya yang berada di wilayah rawan bencana, seperti masyarakat yang tinggal di sekitar daerah aliran sungai.

"Masyarakat di sekitar lereng dan dataran rendah, jika terjadi hujan lebih dari satu jam, kemudian jarak pandang 50 meter tidak terlihat, segera keluar rumah, tinggalkan tempat dan cari lokasi aman dan lebih tinggi," ucap Suharyanto saat memimpin Rapat Koordinasi Antisipasi Cuaca Ekstrem beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru