Ingat Jangan Melangar, Operasi Zebra 2022 Berlaku Hari Ini, Hingga 16 Oktober

Selasa, 04 Oktober 2022 | 05:25 WIB   Reporter: kompas.com
Ingat Jangan Melangar, Operasi Zebra 2022 Berlaku Hari Ini, Hingga 16 Oktober


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepolisian Republik Indonesia akan menggelar Operasi Zebra 2022 secara serentak sejak, Senin (3/10/2022) sampai dengan 16 Oktober 2022 mendatang. 

Operasi Zebra 2022 ini digelar serentak dengan melibatkan sekitar 23.600 personel di 33 provinsi di Indonesia. 

Dalam gelaran Operasi Zebra 2022 ini, hanya Polda Bali yang tidak terlibat karena masih melaksanakan kegiatan pengamanan rangkaian G20 untuk November 2022 mendatang. 

Hal ini disampaikan oleh Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi Senin (3/10) kemarin. 

Baca Juga: Operasi Zebra Dimulai Hari Ini (3/10), Catat Cara Cek & Bayar Denda Tilang Online

Ia juga menjelaskan, Operasi Zebra bertujuan untuk menurunkan jumlah pelanggaran lalu lintas serta fatalitas korban laka lantas, dan meningkatkan disiplin bagi pemakai jalan. 

"Jadi dengan tujuan ini kami berharap bahwa bukan berapa banyak Polri mampu memberikan hukuman tanda kutip menilang para pelanggar, tapi seberapa tinggi kesadaran masyarakat selama operasi ini bisa kita capai," ucap Firman seperti dikutip dari NTMC Polri, Senin (3/10). 

Ada sejumlah pelanggaran yang menjadi fokus selama operasi berlangsung. Misalnya, penggunaan kendaraan oleh anak di bawah umur, menggunakan gadget saat berkendara, tidak menggunakan sabuk pengaman, dan seterusnya. 

Baca Juga: Tanpa Tilang Manual, Operasi Zebra 2022 Mulai Pekan Depan Bidik 14 Pelanggaran Ini

Menurut Firman, beberapa masyarakat cenderung melalaikan penggunaan sabuk pengaman. Padahal, alat tersebut didesain untuk mengurangi fatalitas saat terjadi kecelakaan. 

Pelanggaran lain seperti menerabas lampu merah dan kebut-kebutan di jalan juga menjadi target perhatian selama pelaksanaan operasi. 

Kemudian, penindakan tidak hanya dilakukan dengan cara tilang manual ataupun elektronik (ETLE), tapi juga dapat berupa imbauan atau peringatan bagi pelanggar. 

"Metode penegakan hukum dilaksanakan baik secara elektronik melalui pantauan kamera CCTV yang tergelar di jalan menggunakan ETLE, tapi juga kami menggelar personil yang membawa secara mobile alat-alat teknologi, dengan kehadiran petugas di lapangan Ini juga dalam rangka mengedukasi, mengajak masyarakat untuk siap tidak melanggar lalu lintas demi keselamatan bersama," ucap Firman.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berlaku Mulai Hari Ini, Operasi Zebra 2022 Utamakan Sosialisasi",  baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/03/161200215/berlaku-mulai-hari-ini-operasi-zebra-2022-utamakan-sosialisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Syamsul Azhar

Terbaru