Nusantara

Ingin cek Covid-19 dengan GeNose? Pantang makan petai, jengkol dan bawang putih

Senin, 12 April 2021 | 06:36 WIB Sumber: Kompas.com
Ingin cek Covid-19 dengan GeNose? Pantang makan petai, jengkol dan bawang putih

ILUSTRASI. Mulai hari ini, Senin (12/4/2021), Bandara Sultan Thaha Jambi akan menggunakan GeNose untuk tes paparan Covid-19. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/aww.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mulai hari ini, Senin (12/4/2021), Bandara Sultan Thaha Jambi akan menggunakan GeNose untuk tes paparan Covid-19. 

Executive General Manager Bandara Sultan Thaha Indra Gunawan mengingatkan agar setiap orang yang ingin melakukan tes GeNose, tidak mengonsumsi jengkol, petai, durian, kopi, bawang putih, dan merokok. 

"Hanya boleh minum air putih minimal 30 menit sebelum melakukan pemeriksaan sampel napas. Karena bisa memengaruhi hasilnya," ucap Gunawan di Jambi, Minggu (11/4/2021). 

Sebelum diberlakukan, sesuai prosedur dari Kementerian Perhubungan, hari ini dilakukan uji coba familiarisasi GeNose di Bandara Sultan Thaha. Uji coba dilakukan kepada staf dan komunitas di bandara dan belum untuk penumpang. 

Baca Juga: Pemerintah Cegah Mudik dengan Melarang Operasional Moda Transportasi, Pebisnis Merana

Uji coba untuk memastikan kesiapan tiga aspek sebelum GeNose Covid-19 diimplementasikan. Untuk aspek yang harus dipastikan, pertama, jumlah personel yang dibutuhkan dan keahlian yang harus dimiliki. 

Kedua, proses yakni di mana petugas harus memiliki SOP dan peta peran dari setiap stakeholder. Terakhir, terkait dengan fasilitas, di mana harus ada sarana dan prasarana yang mendukung  safety dan security dalam implementasi GeNose.

Baca Juga: 5 PO bus mewah dari Jakarta ke Surabaya, berapa tarifnya?

"Hasil tes dari GeNose nantinya langsung terintegrasi dengan aplikasi eHAC milik Kemenkes," ujar dia. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru