Ini cara mendapatkan vaksinasi Covid-19 drive thru gratis bagi lansia di Jakarta

Sabtu, 20 Maret 2021 | 08:00 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Ini cara mendapatkan vaksinasi Covid-19 drive thru gratis bagi lansia di Jakarta


VAKSIN CORONA - Lansia di Jakarta bisa mudah mendapatkan vaksin Covid-19 secara gratis. Kini ada layanan vaksin Covid-19 secara drive thru bagi lansia di Jakarta.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terus berupaya mempermudah akses bagi lansia mendapatkan vaksin Covid-19. Bagi warga lanjut usia atau lansia, Kemenkes tengah mempersiapkan surat edaran agar sasaran ini dapat memperoleh vaksin di lokasi terdekat dari tempat tinggalnya.

“Dengan demikian para lansia tidak harus mengantri dan bepergian jauh sampai ke fasilitas kesehatan di ibu kota provinsi untuk memperoleh vaksin,” jelas Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dikutip dari Setkab, Jumat (5/3/2021).

Seperti pemberian vaksin lansia di Jakarta dapat diakses secara drive thru atau layanan tanpa turun kendaraan. 

Pelaksanaan vaksinasi drive thru yang berlokasi di lapangan parkir hall C, Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat ini merupakan kerja sama antara Kemenkes, Halodoc, dan Gojek.

Selain itu, program vaksinasi drive thru ini gratis dan tidak dipungut biaya.

Baca Juga: Lewat layanan Gomed, Gojek kolaborasi dengan Halodoc layani vaksinasi drive thru

Cara mendapatkan vaksin lansia gratis di Jakarta secara drive thru 

Layanan ini sudah dibuka mulai sejak Rabu (03/03/2021) lalu dan akan terus berlangsung hingga akhir 2021 mendatang. Vaksinasi beroperasi setiap hari dengan jam pelayanan dari pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB. 

Dirangkum dari laman Setkab, berikut cara dan langkah vaksin lansia drive thru di Jakarta: 

  • Para lansia ber-KTP DKI Jakarta cukup mendaftarkan diri melalui layanan aplikasi kesehatan Halodoc.
  • Ada 4 pos yang harus dilewati saat vaksin lansia drive thru di JIExpo Kemayoran yakni pos verifikasi, cek kesehatan, vaksinasi, dan yang terakhir observasi.
  • Setelah divaksin sasaran diminta menunggu selama 30 menit. Sasaran bisa menunggu di dalam mobil maupun di tenda yang telah disediakan. 
  • Selama observasi, kaca mobil harus diturunkan guna memudahkan petugas melakukan pemantauan dan jika ada keluhan, sasaran diminta untuk membunyikan klakson sebagai tanda bagi para petugas.
  • Namun, jika selama waktu observasi tidak ada keluhan maka mereka diizinkan pulang. Sertifikat bukti vaksinasi akan dikirimkan tautan melalui pesan singkat.

Di lokasi observasi, penyelenggara dibantu Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyiagakan 2 mini ICU, Ambulance berkelling, serta motor Unit Reaksi Cepat (URC) keliling guna mengantisipasi apabila ada keluhan dari para peserta vaksinasi.

Pelayanan vaksinasi ini sendiri melibatkan sejumlah tim tenaga kesehatan dan vaksinator yang berasal Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan RS Hermina Kemayoran. 

Selain itu untuk mengatur kelancaran kegiatan penyelenggara juga mengerahkan tim yang siap membantu mengarahkan para sasaran mulai dari proses registrasi hingga mereka menerima sertifikat bukti telah divaksin. 

Selanjutnya: 10 Juta vaksin Sinovac sudah diterima Pemerintah Indonesia

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru