Ini Hasil Pemeriksaan Kesehatan Lukas Enembe yang Dilakukan Tim Dokter dari Singapura

Rabu, 12 Oktober 2022 | 16:45 WIB Sumber: Kompas.com
Ini Hasil Pemeriksaan Kesehatan Lukas Enembe yang Dilakukan Tim Dokter dari Singapura

ILUSTRASI. Tim Dokter dari Singapura Selesai Periksa Kesehatan Lukas Enembe


HUKUM - JAKARTA. Dokter spesialis jantung dan dokter internis/penyakit dalam yang didatangkan dari Singapura selesai melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe di kediaman pribadi, Koya Tengah, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Selasa (11/10/2022). 

Pemeriksaan medis itu berlangsung sekitar enam jam. Tim dokter dari Singapura telah memperoleh hasil analisis kondisi Lukas Enembe. 

"Pemeriksaan medis mulai dari pemeriksaan fisik, kemudian dari pemeriksaan penunjang, foto toraks, pemeriksaan organ-organ di dalam menggunakan USG, kemudian menggunakan alat yang dibawa tim dokter Singapura yakni memeriksa kualitas pembuluh darah," ujar dokter pribadi Gubernur Papua, Anton Mote, di Jayapura, Rabu (12/10/2022). 

Ditemukan beberapa masalah kesehatan yang dialami Lukas, salah satunya pada sistem motorik tubuh. 

Baca Juga: KPK Panggil Ulang Asisten Tempat Judi di Singapura yang Jadi Saksi Lukas Enembe

"Ada sedikit kelemahan pada gerak dan bicara dari Bapak Gubernur, maka ada anjuran untuk dilakukan MRI yang rencananya dilakukan kemarin malam, namun tidak bisa dilakukan karena keputusannya harus diambil oleh pasien dan keluarga," tutur Mote. 

Selain memeriksa kondisi kesehatan, dokter tersebut memberikan obat tambahan yang didatangkan dari Singapura. Mote mengungkapkan, tim dokter Singapura mencurigai adanya gangguan pada sistem saraf Lukas. 

"Ada kecurigaan pada gangguan koordinasi keseimbangan pada saraf sehingga ke depan kami akan berkoordinasi dengan dokter (spesialis saraf) yang ada di Singapura," kata dia. 

Sebelumnya, Lukas Enembe telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan gratifikasi sebesar Rp 1 miliar sejak 5 September 2022. Akibatnya, Lukas telah dicekal ke luar negeri oleh Imigrasi. Beberapa rekening yang berisi total Rp 71 miliar juga diblokir PPATK. KPK telah memanggil Lukas Enembe sebagai tersangka pada 12 September, tetapi tidak hadir karena sakit.   

KPK juga mengirim surat panggilan kedua kepada Lukas Enembe agar yang bersangkutan hadir untuk diperiksa di Gedung Merah Putih, Jakarta, pada 25 September 2022. Lukas kembali tak hadir karena alasan kesehatan. Pihak Lukas Enembe juga sudah mengajukan permohonan agar KPK memberikan izin berobat ke Singapura. 

Baca Juga: MAKI Ragukan Klaim Kekayaan Lukas Enembe Berasal dari Tambang Mas Tolikara

Pada 5 Oktober 2022, KPK memanggil Yulce Wenda Enembe dan Bona Enembe yang merupakan istri dan anak Lukas Enembe, sebagai saksi dari kasus tersebut. 

Namun, melalui Tim Hukum dan Advokasi Gubernur Papua, kedua orang tersebut menyatakan tidak memenuhi panggilan KPK. Pada Selasa (11/10/2022), dua dokter spesialis dan seorang perawat dari Singapura datang ke Jayapura untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap Lukas Enembe.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tim Dokter dari Singapura Selesai Periksa Kesehatan Lukas Enembe, Begini Hasilnya"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru