Jabodetabek

Ini kerugian yang ditanggung pengusaha logistik akibat banjir Jakarta dan sekitarnya

Senin, 22 Februari 2021 | 05:05 WIB   Reporter: Venny Suryanto
Ini kerugian yang ditanggung pengusaha logistik akibat banjir Jakarta dan sekitarnya

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Banjir Jakarta dan sekitarnya yang terjadi sejak Jumat (19/2) hingga Minggu (21/2) kemarin telah menimbulkan kerugian besar. Tak hanya bagi warga yang rumahnya terendam air banjir. Banjir Jakarta dan sekitarnya merugikan bagi bisnis sektor logistik dan sektor bisnis lainnya.

Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldy Ilham Masita menyebutkan banjir di Jakarta dan sekitarnya dinilai telah berdampak cukup parah pada pengiriman logistik.

“Terutama pengiriman e-commerce juga pengiriman ke toko-toko retail,” kata Zaldy kepada Kontan.co.id, Minggu (21/2).

Adapun, Zaldy juga belum bisa menginformasikan berapa estimasi kerugian yang dialami dari adanya banjir Jakarta tersebut.

Baca Juga: Satria Antaran (SAPX) mengklaim banjir tidak berdampak pada volume pengiriman

“Di tahun ini kami masih belum tahu apakah kerugiannya lebih besar dari tahun sebelumnya karena kami masih menghitung besar kerugiannya,” ujarnya.

Namun sebagai informasi, kerugian sektor logistik akibat banjir Jakarta dan sekitarnya pada tahun lalu di perkirakan mencapai Rp 45 miliar per harinya.

Menurutnya, dampak banjir Jakarta dan sekitarnya tahun lalu terhadap sektor logistik sangat besar, apalagi jika aktivitas di Pelabuhan Tanjung Priok terganggu akibat terendam banjir. Akibatnya operasional pengiriman dalam kota dan sekitar Jakarta (Jabodetabek) bisa lumpuh.

Semoga banjir Jakarta dan sekitarnya tidak terulang lagi!.

Selanjutnya: Omzet usaha makin anjlok, pengusaha minta ada antisipasi banjir Jakarta sejak dini

 

Editor: Adi Wikanto


Terbaru